JawaPos Radar

Kemendikbud Apresiasi Gerakan Minum Susu, Begini Katanya

01/11/2017, 16:56 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
PAUD
Ilustrasi: PAUD (Dok JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Murid kategori pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kutim, Kaltim, kini tercatat 15 ribu anak. Semuanya dijanjikan mendapat perhatian gizi lebih baik. Direktur Pembinaan PAUD, Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ela Yulaela Wati mengatakan, pihaknya terus berupaya mengawal perkembangan PAUD di setiap daerah, termasuk Kutim.

Sebab, semua negara dituntut bisa memberikan akses fasilitas PAUD berkualitas pada 2030. Perkembangan PAUD sudah tumbuh 100 persen. Jika ditilik kembali lima tahun lalu, terdapat sekira 100 ribu PAUD di Indonesia, kini sudah meningkat menjadi 200 ribu PAUD. Di Kutim, menurut Ela, peran Bunda PAUD sudah strategis. Ada program unggulan berupa Gerakan Minum Susu (Gerimis) yang menjadi kegiatan rutin, paling tidak tiga kali sepekan.

Gerakan tersebut merupakan program unggulan karena di Indonesia hanya dua daerah yang memilikinya, yakni Kutim dan Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). “Jadi, di Kutim bisa menjadi daerah percontohan untuk Gerimis tersebut. Itu merupakan kontribusi untuk meningkatkan gizi anak Indonesia,” ucapnya, saat berkunjung ke kantor Bupati Kutim, belum lama ini, dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Kemendikbud memberi bantuan berupa anggaran Rp 305 juta untuk gugus PAUD di Kutim berupa bantuan alat perangkat pendidikan, bantuan stimulan lembaga, juga untuk PKG, dana inisiasi, dan PAUD layanan khusus.

Sementara itu, Bunda PAUD Kutim Encek UR Firgasih mengatakan, penyerahan susu kepada setiap anak di Kutim akan melalui guru. Tiap kecamatan akan dipantau implementasinya. Menurut dia, Gerimis PAUD secara keseluruhan bakal membuat 15 ribu anak se-Kutim dari sekitar 400 lembaga PAUD se-Kutim mendapat susu gratis. “Diharapkan dampaknya meningkatkan mutu gizi anak di Kutim,” ungkapnya.

(fab/jpg/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up