JawaPos Radar

Tahun Kedua Lomba Keterampilan Baris-berbaris Tambah Ketat

01/05/2017, 18:44 WIB | Editor: Suryo Eko Prasetyo
Tahun Kedua Lomba Keterampilan Baris-berbaris Tambah Ketat
HASIL LATIHAN KERAS: Tim SMK Penerbangan Juanda tampil de ngan seragam ke banggaannya dalam Lomba Keterampilan Baris-berbaris Minggu (30/4) di SMA 1 Gedangan, Sidoarjo. (Hanung Hambara/Jawa Pos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Suasana SMAN 1 Gedangan tampak sangat ramai Minggu (30/4). Meski sedang libur, halaman sekolah di Desa Wedi itu dipenuhi ratusan siswa. Mereka datang dari puluhan sekolah se-Jawa Timur. Kedatangannya bertujuan mengikuti Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB) serta lomba film pendek dan fotografi.

Tahun Kedua Lomba Keterampilan Baris-berbaris Tambah Ketat
FLEKSIBEL: Satu peleton dari SMA 2 Mojokerto menunjukkan kemampuan terbaiknya. (Hanung Hambara/Jawa Pos/JawaPos.com)

’’Ini sudah tahun kedua. Digelar untuk tingkat SMA dalam sehari mulai pagi sampai sore,’’ kata Kepala SMAN 1 Gedangan Lilik Esparlin. Untuk lomba LKBB, terdapat 32 peleton yang bersaing. Setiap peleton terdiri atas 15 anggota dan satu Danton.

Terdapat 30 kategori juara yang diperebutkan dalam LKBB. Di antaranya, kostum terbaik, formasi terbaik, peraturan baris-berbaris (PBB) terbaik, serta yel-yel terbaik. Satu tim bisa saja mendapat penghargaan lebih dari satu. ’’Yang juara umum mendapat Piala Gubernur,’’ kata Fauzan, salah seorang panitia.

Untuk lomba film pendek dan fotografi, ada 24 peserta yang ikut. Mereka bebas menampilkan karya apa pun. Asal masih seputar peran generasi muda dalam pembangunan bangsa. ’’Tema itu kan luas. Jadi, bisa diwujudkan berbeda-beda dalam karya mereka,’’ ucap Fauzan.

Salah satu peserta LKBB dari SMAN 2 Kota Mojokerto, Arasy Dafa Sulistya Kurniawan, mengatakan bahwa kompetisi di SMAN 1 Gedangan cukup menantang. Banyak tim hebat yang ikut bertanding. Bahkan, beberapa tim sudah langganan juara. Namun, tantangan itu justru memberikan pengalaman berharga bagi mereka.

’’Yang penting semangatnya. Kami juga bawa suporter dari Mojokerto,’’ ucap siswa kelas X tersebut. Dalam LKBB itu, SMAN 2 Kota Mojokerto menurunkan dua tim. Dafa menjadi Danton (komandan peleton) A. (uzi/c15/pri/sep/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up