JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jurus Sandi Kurangi 2 Juta Penganggur Selama 5 Tahun Pemerintahan

17 Maret 2019, 22:06:49 WIB
Jurus Sandi Kurangi 2 Juta Penganggur Selama 5 Tahun Pemerintahan
Cawapres 02 Sandiaga Uno. (Issak Ramdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pada debat cawapres, Sandiaga Uno menjanjikan akan menurunkan jumlah tingkat pengangguran sebanyak dua juta dalam kurun waktu lima tahun. Janji itu dikemukakan jika pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terpilih jadi kepala negara periode 2019-2024.

Cawapres 02 itu mengatakan, Indonesia memiliki Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat dan rajin. Sayangnya pihaknya banyak menemui lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam kondisi menganggur.

"Ironis, SMK mendominasi pengangguran 61 persen. Mereka masuk SMK untuk siap kerja tapi susah cari lapangan pekerjaan,” ujarnya saat debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Melihat kondisi itu, pihaknya menawarkan strategi baru melalui program rumah siap kerja. Program itu menawarkan binaan kewirausahaan agar tercipta kemampuan daya saing dan kebutuhan industri.

Nantinya melalui pelayanan terpadu satu pintu akan mengarahkan perusahaan plat merah merekrut tenaga kerja SMK. “Dunia usaha BUMN agar menawarkan magang. Kita hadirkan di tiap kecamatan hingga desa,” imbuhnya.

Menurut mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Indonesia dalam memasuki revolusi industri 4.0 yang dapat menciptakan kewirausahaan berorientasi inovasi.

“Bagaimana Indonesia bisa masuk jadi ekonomi 7 pada 2035, kalau anak muda tidak bisa diberikan pekerjaan yang layak,” ucapnya.

Dia mengklaim pengalamannya saat memimpin DKI Jakarta melalui program oke oce untuk menurunkan angka pengangguran. Program itu menjadi andalan dan jurus efektif dalam mengurangi jumlah pengangguran di Ibu kota sebanyak 20 ribu pada 2018.

"Di Jakarta pengangguran turun 20 ribu di 2018 dan sudah dapat review positif. Banyak lagi anak muda yang mampu berkarya demi Indoensia menang,” tandasnya.

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Sandiaga Hapus UN, TKN: Konsep yang Absurd 17 Maret 2019, 22:06:49 WIB
Sandi: TKA Harus Bisa Bahasa Indonesia 17 Maret 2019, 22:06:49 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini