alexametrics

Lindungi Warga dari Limbah Aki, Wahana Bangun Bengkel BUMDES

26 Maret 2019, 04:22:53 WIB

JawaPos.com – Yayasan Wahana Artha (YAW), sebagai bagian dari PT Wahana Makmur Sejati (WMS) yang mengelolah bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Wahana, merasa bertanggung jawab mengelola limbah aki agar tidak menganggu masyarakat.

Selama ini, masyarakat Cinangka Bogor Jawa Barat dikenal sebagai desa pelebur aki karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pengepul aki bekas yang kemudian dilebur dan dijual lagi. Prihatin dengan hal itu, Wahana akhirnya melakukan survei kemudian membangun bengkel untuk warga Cinangka.

Pembangunan sejumlah bengkel untuk masyarakat ini bekerja sama dengan aparat desa setempat sehingga bengkel mereka disebut bengkel BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Peresmian bengkel ini berlangsung minggu lalu dan melibatkan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengapresiasi langkah yang diambil Yayasan Wahana Artha guna menekan usaha peleburan aki bekas yang telah berjalan puluhan tahun dan berdampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan warga sekitar.

“Ini bentuk dukungan yang luar biasa dari Wahana untuk perbaikan kehidupan layak bagi masyarakat Cinangka. Dengan pembangunan bengkel yang disupport dengan peralatan lengkap mereka dapat beralih dari pekerjaan lama mereka,” katanya dalam acara tersebut.

Ketua Umum Yayasan Wahana Artha sekaligus Head of CSR Wahana, Ronnal Prawira mengungkapkan harapannya agar masyarakat desa Cinangka dapat memaksimalkan bengkel yang mereka miliki untuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

“Pembukaan bengkel ini bukan berarti tugas sudah selesai, kami berharap warga khususnya yang bertanggung jawab terhadap bengkel ini dapat memanfaatkan fasilitas yang telah kami berikan dan dapat dikembangkan dengan baik,” ujar Ronnal.

Dalam program CSR ini, Yayasan Wahana tak sekedar membangun bengkel  tetapi menyiapkannya lengkap dengan paralatan terbaik seperti special tools, tyre changer, charger aki, hingga mesin pompa ban jenis nitrogen. 

Pengurus dan pekerja bengkel ini sebelumnya telah dapatkan pelatihan langsung dari Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT. Wahana makmur Sejat (WMS) selam sebulan. Bahkan melakukan magang di jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Wahana, sehingga antara pelatihan dan praktek didukung dengan kerja lapangan langsung.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Lindungi Warga dari Limbah Aki, Wahana Bangun Bengkel BUMDES