alexametrics

Jangan Salah Pilih Rem Cakram! Sesuaikan Kebutuhan

26 Maret 2019, 13:00:53 WIB

JawaPos.com – Dalam perkembangannya rem cakram tidak hanya dibuat dari material besi tetapi juga dibuat dari Ceramic Composite. Porsche, mengembangkan teknologi Porsche Ceramic Composite Brakes (PCCB) yang ditujukan untuk mobil-mobil yang digunakan di lintasan motorsport.

Model sistem pengereman PCCB, menurut otoritas Porsche, mengungkapkan bahwa teknologi ini memberikan tenaga pengereman yang jauh lebih kuat dan jarak henti yang lebih pendek bahkan dalam kondisi jalan di lintasan balap yang paling sulit seperti kondisi licin karena basah.

Namun sebenarnya rem cakram yang menggunakan material Ceramic Composite hanya untuk kebutuhan balap karena cakram dengan material keramik cepat mengalami penurunan kinerja karena lebih cepat aus dibandingkan cakram yang terbuat dari besi.

Hal ini diutarakan WhichCar Australia, Perwakilan Teknologi Porsche Australia, Paul Watson. Menurutnya untuk mobil-mobil yang digunakan untuk aktivitas harian sebaiknya menggunakan cakram dari besi, karena tipikal pengguna mobil harian sebenarnya mengejar durasi pemakaian part-part yang lebih lama, karena penggunaan mobilnya tak hanya untuk waktu yang sebentar.

Pertimbangannya adalah ketika mobil harian menggunakan rem cakram dengan material keramik, pengguna harus sering mengeceknya karena dalam waktu yang tidak lama materialnya sudah aus dan bisa menyebabkan kegagalan pengereman. Sementara kondisi berbeda berlaku untuk balap.

Dalam balap penggunaan rem cakram hanya untuk sekali balap sehingga kekuatan dan ketahanan cakram keramik telah diperhitungkan sesuai dengan jarak dan kondisi lintasan balapan dan hanya sekali pakai. Hal ini yang membedakan keduanya.

Untuk keperluan balap, upgrade dari teknologi pengereman dari cakram besi ke keramik membutuhkan dana USD 6.500 atau setara dengan Rp 92.1 juta. Harganya jauh lebih mahal dari rotor besi yang hanya berharga USD 330 atau Rp 4.6 juta.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Jangan Salah Pilih Rem Cakram! Sesuaikan Kebutuhan