JawaPos Radar

Rayakan 70 Tahun, Pencarian Mobil Pertama Lotus Masih Misteri

25/09/2018, 11:55 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Rayakan 70 Tahun, Pencarian Mobil Pertama Lotus Masih Misteri
Mobil pertama Lotus bernama Mark I masih misterius (Carscoops)
Share this image

JawaPos.com – Lotus, merek mobil asal Britania Raya, Inggris yang akrab di telinga pecinta mobil sport. September 2018 ini, Lotus menginjak ulang tahun ke-70. Sebuah perayaan internal dilakukan di London.

Diantara riuhnya suasana perayaan, otoritas Lotus tetap merasakan kekosongan. Hal ini terjadi karena mobil pertama Lotus karya pendirinnya Colin Chapman sampai saat ini belum ditemukan dan keberadaannya masih misterius.

Carscoops.com, Senin (24/9) menyebutkan mobil dengan nama Mark I ini, merupakan mobil pertama Lotus yang dibangun sejak tahun 1948, dibangun selama dua tahun. Saat meracik mobil tersebut, Chapman tak pernah menyangka Lotus akan sebesar ini.

Setelah Mark I selesai pada tahun 1950, beberapa unit kemudian dibangun dan mulai dijual. Bahkan mobil Mark I yang saat itu menjadi mobil pertamanya ikut di jual ke Britania Raya sehingga sampai saat ini mereka belum menemukan sosok Mark I.

Saat itu, banyak orang Inggris Utara orang  yang kaya raya seperti Skotlandia dan Wales yang membeli dan menggunakan Mark I. Harganya saat itu USDD 177 atau setara dengan Rp 2,6 juta pada masa itu. Pencarian sudah dilakukan di beberapa negara tersebut namun hasilnya tetap nihil.

Clive Chapman, putra dari pendiri Lotus mengungkapkan dalam beberapa kesempatan ia pernah mendengar bahwa mobil tersebut dikirim keluar Britania Raya sehingga saat ini sulit di lacak keberadaanya. Namun barang istimewa itu harus tetap ditemukan.

“The Mark I adalah cawan suci dari sejarah Lotus. Ini adalah pertama kalinya ayah saya mampu menerapkan teorinya untuk meningkatkan kinerja saat merancang dan membuat mobil.  Ini sangat berarti,” katanya pada media Inggris.

Terlepas dari pencarian dan kegundahan otoritas Lotus, mereka tetap berupaya membangun kenangan atas mobil tersebut, dengan membuat semacam replikasi versi  “re-imagined and re-engineered” dari Austin Seven untuk Lotus Mark I.

Replika ini memang dibuat sesuai dengan model aslinya di beberapa foto yang terdokumentasi namun ada beberapa upgrade dibeberapa titik seperti sasis yang diperkuat dan panel bodi yang dibuat dengan material yang lebih ringan sehingg mudah dilepas dan diganti. Mark I replika juga menampilkan bagian belakang yang diperpanjang dan dua roda cadangan.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up