JawaPos Radar

Begini Cara Paking Pannier Yang Benar Agar Turing Lebih Nyaman

25/06/2018, 19:58 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Begini Cara Paking Pannier  Yang Benar Agar Turing  Lebih Nyaman
Barang untuk keperluan darurat sebaiknya dimasukkan dalam pannier sebelah kiri. Sedangkan yang tidak bersifat darurat di sebelah kanan. (motorcyclistonline)
Share this

JawaPos.com - Paking perlengkapan turing tak sekadar menjejalkan tumpukan barang bawaan yang sudah Anda siapkan ke dalam pannier. Ide sederhana berikut ini dapat membuat perjalanan panjang yang Anda tempuh menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, Bro.

1. Apa saja yang harus dipak tergantung di mana tujuan Anda pergi dan berapa lama trip tersebut akan berlangsung. Namun, apa pun yang akan dibawa sebaiknya bagasi dibagi menjadi dua bagian besar. Satu bagian sebagai wadah barang-barang keperluan harian, dan satu bagian lain diperuntukan sebagai tempat menampung sarana dan peralatan darurat. Hal ini berarti tidak mencampur adukan antara tool kit, kotak pertolongan pertama dengan pakaian dalam Anda.

2. Posisikan barang-barang yang sering dibutuhkan secara cepat di lapisan paling atas. Misalnya, rain coat, peta, dan lapisan termal. Barang-barang penting disarankan di taruh dalam pannier di sebelah kanan. Sedangkan barang-barang yang penting ditaruh dalam pannier sebelah kiri. Jadi, saat harus mengakses barang-barang penting tersebut, Anda selalu berada di sisi yang aman (sebelah kiri motor).

Begini Cara Paking Pannier  Yang Benar Agar Turing  Lebih Nyaman
Tool kit harus dipisahkan dengan barang keperluan harian. (motorcyclistonline)

3. Taruh tool kit beserta barang-barang berat lainnya di dalam bagasi di bawah jok yang Anda  duduki. Dengan demikian, beban menjadi lebih terpusat di titik keseimbangan (Center of Gravity) sepeda motor. Sehingga sepeda motor bisa tetap dalam kondisi seimbang walaupun sedang memikul banyak beban.

4. Taruh pakaian dan barang-barang pribadi yang digunakan untuk bermalam dalam sebuah tas ransel. Sehingga Anda mudah dan cepat mengambilnya saat sampai di tempat peristirahatan. Misalnya di penginapan, hotel atau bisa juga camping.

Jika bagasi atau pannier yang Anda miliki tidak tahan air, disarankan agar Anda membungkus barang-barang tersebut dalam drybag atau kantung plastik. Ketika semua cadangan pakaian dan perbekalan basah kuyub akibat diterjang hujan pasti menjengkelkan.

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up