JawaPos Radar

Taklukan Dunia, Stephen Tempuh 30 Ribu Km Jakarta-London Dengan Motor

25/03/2018, 10:30 WIB | Editor: Mochamad Nur
Taklukan Dunia, Stephen  Tempuh 30 Ribu Km Jakarta-London Dengan Motor
PETUALANGAN: Biker Stephen Langitan akan melempuh Jakarta-London sejauh 30 ribu kilometer dengan motor (Sachril Agustin/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Petualangan yang akan dilakukan biker Stephen Langitan benar0benar luar biasa. Lewat aksi solo ride adventure, Stephen menantang dunia dengan melakukan perjalanan sejauh 30 ribu kilometer (km) dari Jakarta menuju London.

Petualangan yang dilakukan Stephen Langitan akan memakan waktu kurang lebih 5 bulan dengan estimasi di titik terakhir pada 17 Agustus 2018. Tanggal ini dipilih sekaligus untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke-73.

"Saya ingin melakukan sesuatu yang berguna untuk bangsa Indonesia, khususnya ke anak muda Indonesia. Perjalanan ini tidak mudah, tapi perlu persiapan agar semua terancana," kata Stephen, di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (25/3).

Taklukan Dunia, Stephen  Tempuh 30 Ribu Km Jakarta-London Dengan Motor
PETUALANGAN: Motor Kawasaki yang akan digunakan biker Stephen Langitan dari Jakarta ke London selama 5 bulan (Sachril Agustin/JawaPos.com)

Ia berharap perjalanan yang dilakukanya bisa menginspirasi para anak bangsa. Diakuinya bahwa tantangan yang diambil sangat berat. Kondisi fisik, mental, dan mengetahui rute sungguh sulit. Namun, Stephen menegaskan bahwa hal ini dilakukan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Rute ini dipilih supaya seru. Kalau rute lurus doang, tidak seru. Rute yang dipilih ini juga untuk menyesuaikan waktu di tanggal 17 Agustus, yakni hari Kemerdekaan Indonesia," terangnya.

Perjalanan yang dilakukan selama 145 hari ini, akan dilakukan Stephen dari pukul 08.00 sampai 17.00 tiap harinya. Hal ini dilakukan untuk menjaga fisik keesokan harinya dan mengetahui rute selanjutnya yang akan dilalui.

"Jalur laut yang saya lalui hanya dua, yaitu Merak - Bakauheni dan Tanjung Balai - Portland. Sisanya adalah perjalanan darat. Untuk di Pakistan, saya menandatangani perjanjian bahwa bila saya tertembak, saya, keluarga, atau Indonesia tidak bisa menuntut. Namun saya senang, di Pakistan nanti, perjalanan saya akan dikawal tentara," bebernya panjang lebar.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan bahwa solo ride adventure yang dilakukan Stephen adalah misi keselamatan dan persahabatan kepada dunia.

"Di setiap spot, nantinya Stephen bisa bertemu bikers lain dan akan menyampaikan safety riding. Saya harapkan, ada edukasi ke masyarakat dari solo adventure Stephen ini," terangnya.

Dalam melakukan solo ride adventure Jakarta - London, Stephen akan memakai sepeda motor Kawasaki Versys - X 250cc. Motor ini dipilih Stephen karena memiliki desain dan model yang pas untuk perjalanan jauh ini.

(sab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up