alexametrics

Jelang Mudik Lebaran, Layanan Service Daihatsu Naik 20 Persen

24 Mei 2019, 10:02:30 WIB

JawaPos.com – Beroperasinya tol Trans-Jawa dari Merak sampai Probolinggo akan mengerek jumlah pemudik pada Lebaran kali ini. Agar mudik lancar, masyarakat perlu mempersiapkan kendaraan yang akan menjadi angkutan mudik mereka. Maka, produsen otomotif pun perlu menyediakan bengkel di sepanjang rute mudik sebagai langkah antisipasi.

Area Service Coordinator Daihatsu (Grup Astra) Jatim Sapto Pamungkas mengatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap menyambut mudik Lebaran. Astra menyiapkan sembilan pos siaga di sepanjang tol Trans-Jawa. Juga ada 97 bengkel siaga, 27 garda siaga, dan 600 teknisi yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

”Khusus di Jatim, Astra punya dua pos siaga di rest area tol Jombang–Mojokerto dan rest area tol Solo–Ngawi,” kata Sapto dalam Pembukaan Bengkel Siaga Astra di Surabaya seperti dikutip Jawa Pos, Jumat (24/5).

Sementara itu, jumlah teknisi yang stand by 21 orang. Layanan mudik di Jatim akan mulai beroperasi pada 31 Mei sampai 7 Juni 2019.

Sapto menuturkan, tren permintaan service menjelang Lebaran biasanya meningkat 15–20 persen daripada hari biasa. ”Demand service kendaraan pada minggu kedua Ramadan saja sudah 70–90 unit sehari. Kami prediksi angka tersebut meningkat jadi 120 unit per hari,” jelasnya.

Selain pos dan bengkel siaga, Astra menyiapkan dua aplikasi mudik bernama Sejalan dan Anavigo. Regional Office Head Astraworld Jatim Victoria Surjani Hadi mengungkapkan bahwa Sejalan adalah aplikasi ride sharing atau berbagi tumpangan. Aplikasi itu memungkinkan pengemudi atau pemilik kendaraan bertemu dengan penumpang yang searah dengan rutenya.

Sementara itu, Anavigo merupakan aplikasi darurat. Aplikasi tersebut bisa digunakan saat kunci tertinggal di jok, terjadi kerusakan alarm, ban mobil kempis, atau aki soak. Lewat aplikasi itu, pengguna juga bisa menemukan lokasi-lokasi penting selama perjalanan. Saat ini pengguna Anavigo berkisar 100 ribu. Dalam sebulan, jumlah kasus emergency di Jatim yang masuk ke aplikasi tersebut mencapai 580. ”Lebaran ini user Anavigo diharapkan naik menjadi 200 ribu,” ucapnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : car/c20/hep