JawaPos Radar

Ingin Punya Vespa Balap? Begini Cara Modifikasinya

23/10/2018, 19:17 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Ingin Punya Vespa Balap? Begini Cara Modifikasinya
Modifikasi Vespa balap fokus pada mesin dan kaki-kaki (Istimewa)
Share this

JawaPos.com – Banyak orang yang berpikir bahwa motor Vespa asal Italia tak cocok untuk bertarung di arena balap. Padahal, sebenarnya motor ini punya kemampuan untuk berlaga di lintasan balap sesungguhnya karena performanya tak kalah galak dengan motor lainnya.

Buktinya geliat balap Vespa cukup menyita perhatian. Salah satu contohnya adalah ajang balap Vespa ISC yang berlangsung Agustus 2017 lalu atau even balap Vespa di kejuaraan daerah lainnya. Ini menunjukan Vespa merupakan motor yang tak hanya bisa digunakan untuk nyantai tetapi juga bisa diunggulkan untuk kencang.

Bila demikian, bagaimana membuat Vespa menjadi tunggangan yang bisa kencang di lintasan balap? Hary, penggawa Bengkel Modifikasi Gudang Karat mengatakan memang banyak orang yang memilih modifikasi motor Vespa seperti model aslinya yang orisinil. Namun ada juga mereka yang doyan balap, mengarahkan modifikasi Vespa-nya menjadi Vespa balap.

Ingin Punya Vespa Balap? Begini Cara Modifikasinya
Modifikasi Vespa jadi model balap gahar dan kencang (Istimewa)

“Kebanyakan memang memodifikasi Vespa kembali ke wujud aslinya dengan mencari perintilan orisinil sesuai tahun pembuatannya. Namun ada juga yang membuatnya menjadi tunggangan balap. Bahkan ada yang membuatnya menjadi model semi Chopper, tapi tidak sampai satu persen,” katanya pada JawaPos.com, di Bengkelnya di Jl Bintaro Selatan Sektor 2, Tangerang Selatan, Selasa, (23/10)

Hary berbagi bagaimana cara memodifikasi motor Vespa standar menjadi Vespa balap yang gahar. Custom Vespa balap biasanya difokuskan pada bagian mesin dan kaki-kakinya, karena kedua bagian ini yang akan mendukung motor melesat di track balapan.

“Biasanya kalau mau modifikasi Vespa balap diutamakan pada mesin dan kaki-kakinya. Misalnya ganti dengan ban balap, suspensinya ganti dengan suspensi balap seperti shockbreaker ganda agar lebih aman lalu mesin dioprek . Biasanya bagian kompresinya yang dimainkan misalnya dari piston dan boring, pengapian sama knalpot,” jelasnya.

Selain itu Vespa balap juga mendapat ubahan pada bagian setang biasnya tidak terlalu lebar dan tinggi seperti model touring tetapi ia lebih pendek dan rapat untuk memudahkan rider saat melibas tikungan. Tambahan juga biasa dilakukan pada foot step model balap agar pijakan pemmbalap lebih nyaman.

Untuk mendapatkan Vespa model balap ini biasanya sang builder berpikir keras untuk membuat motor benar-benar enak untuk dikontrol dan responsif. Kenyamanan didapatkan dengan penggantian sejumlah komponen yang dicomot dari motor lain yang mendukung karakter balapnya.

Ketangan Foto : 

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up