JawaPos Radar

Laporan Langsung Dari Jepang

Bongkar Mesin Truk Sehari Kelar dengan Seorang Mekanik

UD Yokohama Customer Center

23/10/2018, 22:55 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Bongkar Mesin Truk Sehari Kelar dengan Seorang Mekanik
Stall penanganan perbaikan truk UD Yokohama Customer Center (Teguh / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Ada banyak layanan unik yang dimiliki UD Yokohama Customer Center. Salah satunya adalah jasa penggantian mesin yang hanya butuh waktu 1 hari, dengan 1 orang mekanik saja. 

UD Yokohama Customer Center memiliki 161 customer center di seluruh Jepang. Sebanyak 129 adalah milik United Truck, sedangkan sebanyak 32 adalah milik mitra. Yokohama CC berdiri sejak tahun 1993.

Diler itu menyediakan berbagai layanan yang meliputi: perbaikan secara general, perbaikan karena kecelakaan, UD Truk telematik, UD TRUST, penyediaan suku cadang.

Deiler itu memiliki 3 stall. Bagian pertama yaitu tempat untuk melakukan pemeriksaan. Di bagian itu truk akan diperiksa kondisi dan kemungkinan terjadinya kerusakaan. Setelah ditemukan bagian yang mengalami kerusakaan, truk itu kemudian masuk ke stall penanganan kerusakan. Segala kerusakan akan diperbaiki dengan menggunakan 100 persen suku cadang buatan United Truck.

Mekanik akan segera menghubungi pemilik kendaraan untuk meminta persetujuan pengambilan tindakan. Yaitu perbaikan atau penggantian suku cadang. Setelah pemilik menyetujui, mekanik akan melakukan pemesanan suku cadang di bagian gudang. Di tempat itu sebanyak 10 persen adalah suku cadang yang bersifat fast moving. Artinya, dibutuhkan setiap saat. Misalnya: kampas kopling, kampas rem, dan filter udara.

“Sebanyak 80 persen pelanggan adalah pemilik kendaran truk logistik”, papar Kitou. Pada tahun 2017, tercatat ada sebanyak 2.53 unit truk yang diperbaiki di diler itu. Dengan pelanggan sebanyak itu, UD Yokohama Customer Center menguruk omzet sebesar 23,6 miliar Yen.

Stall ketiga berfungsi sebagai tempat pengecatan. Dikhususkan untuk menangani truk yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan, amuapun penggatian cat yang sudah kusam.

UD Yokohama Customer  Center mengklaim mampu melakukan perbaikan parah hanya selama 2 hari. Kitou mengatakan, “Kami lebih menyarankan upaya prefentif. Melakukan servis secara periodik setiap 3 bulan sekali. Hal ini menjadi upaya pencegahan terjadinya kerusakan”.

Klaim lain dari diler itu, adalah kemampuannya melakukan penggantian mesin yang hanya butuh waktu 1 hari, dengan 1 orang mekanik saja. Saat truknya mengalami kerusakan, konsumen lebih menyukai melakukan penggantian mesin daripada membawa truknya ke bengkel. Nah, pengganiatn mesin seperti itu hanya membutuhkan waktu 1 hari saja.

Layanan seperti itu tentu saja tidak berlaku di Indonesia. Pasalnya, ada aturan yang mengaharuskan kesesuaian nomor mesin dengan STNK. Sehingga mau-tidak mau truk yang mengalami kerusakan harus dibawa ke bengkel. Kondisi ini membuat truk kehilangan jam kerjanya. Kerugian akan ditangguk oleh pemilik truk.

Di Jepang, ada 3 kompetitor UD Truck. Yaitu  Hino, Isuzu dan Fuso. Hino memiliki customer center sebanyak 227, Isuzu sebanyak 260, dan Fuso sebanyak 250 unit. Sementara itu, pemasaran UD Truck dibagi menjadi 7 Region. Meliuti Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chu-Shikoku, Kyusyu, dan Hokuriku – Nagano,.

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up