JawaPos Radar

Mercedes Unimog Berlengan Kini Jadi Mobil Pekerja

23/09/2018, 16:09 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Mercedes Unimog Berlengan Kini Jadi Mobil Pekerja
Mercedez Unimog kini jadi mobil pekerja (istimewa)
Share this image

JawaPos.com – Mercedes-Benz memiliki truk tertangguh di dunia. Truk tersebut adalah Unimog, sebuah mobil yang dirancang untuk menembus berbagai medan berat baik yang terjal berbatu hingga jalan berlumpur khas rawa-rawa.

Ketangguhannya telah terbukti sejak kehadirannya pada 1974. Berkat kemampuan yang dimiliki, Unimog selalu diikutsertakan dalam misi kemanusian palang merah internasional di daerah terisolir di Afrika dan berbagai negara, sebagai kendaraan pembuka jalan.

Meski menjadi mobil paling tangguh, Mercedes-Benz tak pernah berhenti memberikan inovasi pada Unimog. Kali ini Unomog tak lagi berjalan dengan ban paculnya tetapi justru dirancang sebagai mobil pekerja untuk memotong dahan pohon yang menjuntai disepanjang jalur rel.

Mercedes Unimog Berlengan Kini Jadi Mobil Pekerja
Mercedez Unimog kini jadi mobil pekerja (Istimewa)

Karena itu mobil ini menggunakan drivetrain baru yang dikombinasikan dengan kopling konverter dan penggerak hidrostatik yang membuatnya berjalan diatas rel kereta. Tak hanya ia juga bisa digunakan sebagai alat penarik gerbong kereta.

Carscoops, Sabtu (22/9) menyebutkan Unimog yang diberi nama U430 ini, kini memiliki beberapa lengan untuk memotok dahan pohon. Kapasitas mesin besar yang digendongnya membuatnya bisa menjadi mobil derek yang bisa menarik beban seberat 1000 ton.

Otoritas Mercedes-Benz melengkapinya dengan radio remot kontrol sebagai pengendali jarak jauh sehingga dalam kondisi tertentu ia dapat menjadi penarik lokomotif bila ada gangguan pada lokomotif konvensional.

Sebagai kendaraan utilitas, Unimog bisa melakukan pekerjaan apapun di rel kereta. Ia dapat dipindahtugaskan jika dibutuhkan. Platform sebagai mobil pekerja sejak awal membuat Mercedes yakin pembaruan dari spesifikasi mesin hingga platform baru bisa membuatnya mampu dijadikan mobil pekerja yang dapat diandalkan.

Unimog U430 kini dapat melakuakn tugas apapun diperkotaan, bisa dijadikan mobil petugas kelistrikan untuk memperbaiki instalasi litrik, membantu pemdam kebakaran dan selalu disiapkan sebagai mobil taktis untuk mengatasi pekerjaan dalam kota Jerman.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up