JawaPos Radar

Rhino Art Helmet: Helm Unik Ala Ghost Rider

23/06/2018, 19:07 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Rhino Art Helmet: Helm Unik Ala Ghost Rider
Ada banyak model helm tengkorak yang disuguhkan. Dua kategori yang tersedia yaitu half face dan full face (Teguh Jiwa Brata / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com  - Di tangan  Decky Roverdi, produsen helm di Jakarta, pelindung kepala pengendara motor ini tak hanya sebagai barang fungsional, melainkan juga collectible  item. Motif dan bentuknya yang unik banyak diburu pembeli dari manca negara.    

Decky warga  Pancoran, Jakarta, berkreasi menciptakan berbagai macam model helm unik.   Berbentuk tengkorak, dan  helm dengan hiasan ornament lain. Usaha helm ini diberi nama Rhino Art Helmet. “Idenya muncul ketika saya melihat film Ghost Rider, yang dibintangi Nicholas Cage. Saat itu saya tuangkan ide tersebut ke beberapa teman  yang seniman untuk mewujudkannya,” papar Decky.    

Saat itu Decky baru  memproduksi 20 unit helm full face. “Pada awalnya kami  hanya membuat  satu model saja. Tahun lalu sudah mencapai 38 model helm jenis half face, full face, dan cetok,” imbuh Decky. Ide model helm ia peroleh dari teman pengrajin, serta hasil inovasi dan kreatifitasnya  sendiri. Ia juga sering mencari ide dari berbagai literatur yang bersumber dari majalah, internet dan komik kartun.  

Proses pembuatannya dimulai dari pembuatan master berbahan resin, kalk, karet dan busa untuk interior. Decky dibantu 3 pekerja untuk cetak helm dan master, interior dan cat. Setelah cetakan jadi, resin dituangkan ke dalamnya, dibiarkan sampai mengeras.  Langkah berikutnya yaitu menghaluskan permukaan helm dengan ampelas dan selanjutnya pengecatan. 

Produk helmnya sedang dalam proses  mendapatkan sertifikasi SNI. Harga helm bervariasi.  Berkisar antara Rp 400.000 - Rp 450.000 / unit. 

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up