alexametrics

Layak Jadi BacaanI,Tips Beli Mobil Bekas agar Tak Salah Pilih

23 Maret 2019, 14:48:24 WIB

JawaPos.com – Sekarang ini, mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan utama terutama bagi yang sudah berkeluarga. Tak heran bila hampir setiap keluarga memiliki kendaraan roda empat ini.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki kendaraan pribadi yang satu ini namun sedang membutuhkannya, tak ada salahnya membeli mobil bekas. Selain menawarkan harga yang rendah, memiliki mobil bekas pun menjadi salah satu jalan keluar untuk Anda yang ingin cepat memiliki mobil.

Pun demikian, Anda tetap harus jeli dan teliti bila ingin membeli mobil bekas. Agar Anda tak salah pilih, berikut tips membeli mobil bekas seperti dikutip dari Cermati.com.

Layak Jadi BacaanI,Tips Beli Mobil Bekas agar Tak Salah Pilih
Ilustrasi mobil bekas, butuh kehati-hatian dalam membeli mobil bekas pakai (Pixabay.com)

1. Tetaplah Tenang, Jangan Beli Mobil Bekas Terburu-buru
Ingin cepat punya mobil, itu wajar saja. Tapi jangan sampai Anda terburu-buru ingin segera membelinya, terlebih lagi jika itu mobil bekas.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memutuskan membeli mobil bekas. Jika tidak, bisa-bisa Anda hanya menyesal setelah membelinya, salah satunya mendapatkan harga yang jauh lebih mahal dari seharusnya.

Maka dari itu, sebaiknya mulailah dengan berbincang santai pada penjual mobil. Hindari pula membeli mobil pada sore dan malam hari, hal tersebut dapat mengindikasikan Anda memiliki keinginan yang tinggi untuk segera memiliki mobil.

2. Apakah Kondisi Mesin Masih Bagus?
Nah, yang juga sangat penting diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah memeriksa dan memastikan kondisi mesin mobil masih dalam keadaan bagus. Cara termudah untuk mengecek kondisi mesin adalah dengan mengecek apakah terdapat komponen mesin yang berwarna lebih baru atau tidak.

Jika terdapat komponen yang masih baru, itu menandakan pernah mengalami turun mesin yang dapat disebabkan karena banjir, tabrakan, hingga kerusakan lain yang fatal.

Selanjutnya mengecek bagian bawah mesin apakah ada kebocoran mesin atau tidak. Periksalah bagian selang yang menghubungkan mesin.

Pedagang yang cerdik biasanya mencoba mengelabui pembelinya dengan cara mencuci mesin mobil sehingga terlihat baru dan tidak terlihat kalau ada mobil yang rembes. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengecek kondisi baut mesin apakah terdapat lecet atau tidak. Baut yang lecet mengindikasikan baut sering dibuka dan ditutup.

Langkah berikutnya untuk memastikan kondisi mesin dalam keadaan bagus adalah saat mobil pertama kali dihidupkan. Perhatikan dengan seksama apakah terdapat getaran yang aneh.

Selain itu Anda juga bisa memerhatikan warna asap yang dikeluarkan melalui knalpot. Jika asap yang keluar berwarna hitam, mengindikasikan adanya proses pembakaran bahan bakar kurang maksimal.

3. Bagaimana Bentuk Eksterior Mobil?
Poin selanjutnya yang harus dicek adalah kondisi eksterior mobil. Mulailah dengan mengecek kondisi cat mobil apakah ada yang terkelupas, baret, dan sebagainya.

Saat Anda mengecek kondisi eksterior mobil, pastikan letak mobil berada di bawah sinar matahari, sehingga dapat terlihat dengan jelas. Saat mobil dipindahkan di kondisi yang terang, Anda bisa mengecek kondisi permukaan mobil, apakah cat mobil belang karena terdapat cat ulang.

4. Bagaimana Kondisi Interior Mobil?
Interior kendaraan adalah hal yang cukup krusial, utamanya untuk Anda yang lebih mengutamakan kenyamanan selama berkendara. Interior yang bersih dan masih dalam keadaan original tanpa adanya perubahan signifikan menandakan perawatan mobil cukup maksimal.

Perhatikanlah kondisi dashboard, serta pastikan kondisinya tidak pecah maupun retak. Kemudian kondisi setir, plafon hingga jok mobil. Pastikan kondisinya masih utuh dan tidak sobek ataupun retak apabila bahannya terbuat dari kulit.

Pada bagian plafon, pastikan kondisinya dalam keadaan yang baik, tidak kotor dan tidak ada bekas tertekan yang dikarenakan mobil sering digunakan untuk membawa barang yang berat di bagian atapnya.

Lanjutkan pemeriksaan Anda ke bagian karpet mobil untuk memastikan tak pernah terkena banjir. Saat Anda memasuki interior mobil, pastikan pula tidak ada bau apek yang umumnya dapat tercium apabila mobil pernah terkena banjir.

Mobil yang pernah terendam banjir umumnya terdapat karat di beberapa bagian sudut yang tak terihat. Karat tersebut umumnya sulit hilang sekalipun dibawa ke salon mobil.

5. Bagaimana Kondisi Cat Mobil?
Hal yang harus Anda perhatikan juga saat akan membeli mobil bekas adalah kondisi cat. Meskipun terlihat sepele, tapi dengan melihat kondisi cat, Anda bisa memprediksi seberapa bagus perawatan mobil tersebut.

Bagian yang bisa Anda perhatikan pertama kali adalah dekat list body serta list kaca apakah kondisinya mulus atau ‘kulit jeruk’. Perhatikan pula warna cat mobil dari arah depan maupun belakang. Jika hanya melihat dari satu sisi saja, sering kali kondisi warna yang belang tidak terlihat dengan jelas perbedaannya.

Bagian selanjutnya yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah bagian list kaca apakah terkena bekas cat atau tidak. Jika terkena bekas cat hal tersebut menandakan adanya pengecatan yang tidak bersih.

Selain itu cat yang terlihat mengkilap biasanya hanya dikarenakan vernis saja. Sementara cat yang menggunakan thiner memiliki kualitas yang buruk.

Minta Pendapat yang Ahli dan Pastikan Kelengkapan Dokumen
Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda cek saat akan membeli mobil bekas. Jika Anda masih tidak yakin dengan diagnosa yang dilakukan sendiri, jangan ragu untuk mengajak teknisi profesional untuk melakukan pengecekan dengan lebih baik agar tidak salah pilih. Pastikan pula kelengkapan dokumen, serta pajak yang masih hidup.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Copy Editor :

Layak Jadi BacaanI,Tips Beli Mobil Bekas agar Tak Salah Pilih