alexametrics

Ford Kucurkan Investasi Rp 12,7 M Untuk Pengembangan Mobil Listrik

22 Maret 2019, 19:38:36 WIB

JawaPos.com – Ford mempersiapkan investasi segar kurang lebih USD 900 juta atau setara dengan Rp 12,7 miliar untuk pengembangan mobil listrik. 

Sebagai tahap awal, pihak Ford mengumumkan bahwa perusahaannya akan memperluas kapasitas produksi baterai mobil listrik generasi berikutnya di pabrik utamanya Flat Rock Assembly di Michigan Tenggara, Amerika Utara. 

Fasilitas produksi ini, seperti dikutip Carscoops, Kamis (21/3) akan menjadi rumah produksi kendaraan listrik yang menggunakan baterai berbagai model berdasarkan arsitektur fleksibel yang direncanakan untuk mobil-mobil Ford generasi mendatang.

Mobil listrik yang dibangun tidak hanya monoton pada model sedan tetapi juga segmen Sport Uility Vehicle (SUV) elektrik yang akan mengambil platform Mustang  terbaru yang akan hadi pada tahun 2020 hasil rakitan pabrik Cuautitlan, Meksiko.

Pabrikan asal Amerika ini akan berinvestasi lebih dari USD 850 juta pada tahap kedua di pabrik Flat Rock Assembly hingga 2023. Nantinya investasi sebesar USD 50 juta juga akan digelontorkan pada tahap berikut untuk pendanaan pengembanagan Mustang generasi berikutnya. 

Dampak positif dari investasi besar ini adalah penambahan yang signifikan tenaga kerja yang diperkirakan akan mencapai 900 pekerjaan baru sebagai tenaga teknis tambahan di fasilitas pabrik Flat Rock hingga 2023.

Presiden Global Operation Ford, Joe Hinrichs mengungkapkan investasi ini merupakan sebuah langkah maju Ford melihat tingkat pertumbuhan kendaraan listrik yang masif sehingga percepatan pengembangan fasilitas produksi yang mampu memperoduksi kendaraan listrik menjadi keharusan. selain itu, ini akan sangat menguntungkan bagi Michigan karena akan banyak perekrutan pekerja manufaktur dengan gaji yang lebih baik.

Investasi agresif ini sejalan dengan komitmen Ford untuk menyelesaikan kendaraan otonom pertamanya pada tahun 2021 mendatang. Pabrikan tidak hanya akan berfokus pada kendaraan listrik penumpang tetap juga mengembangkan kendaraan hybrid segmen komersial yang juga dibekali teknologi self-driving.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Ford Kucurkan Investasi Rp 12,7 M Untuk Pengembangan Mobil Listrik