alexametrics

Kondisi Lalu Lintas Menentukan Pilihan Jenis Asuransi Kendaraan

22 Maret 2018, 13:48:44 WIB

JawaPos.com – Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui asuransi kendaraan. Salah satunya yaitu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kerugian akibat kerusakan kendaraan bermotor. Ada dua jenis asuransi yang bisa dipilih. Yaitu All risk dan Total Lost Only (TLO). 

Melalui ssuransi All Risk kita dapat melakukan klaim bila kendaraan kita mengalami kerusakan, baik yang ringan, sedang, dan berat. Sementara TLO, manfaat yang bisa diperoleh yaitu  klaim kerusakan kendaraan di atas 75 persen atau hilang. Angka 75 persen, diambil karena bila melewati angka ini, maka sebuah kendaraan tidak akan bisa digunakan lagi.

Tapi, tak perlu bingung memilih jenis asuransi. Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance memberikan tips memilih asuransi yang tepat. “Kalau saya pribadi, saya akan memilih yang All Risk,” katanya, di Empirica, kawasan SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, di Jakarta, asuransi jenis TLO kurang pas dipilih. Sebab kondisi jalanan di Jakarta yang kurang kondusif.  “Kalau di luar negeri saya berani ambil TLO. Di Jakarta, saya ambil All risk. Kenapa? Di jalan kan saat kita berkendara mepet-mepet gitu, gampang kesenggol kendaraan lain. Kendaraan kebaret pasti terjadi,” terangnya.

Menurutnya, kemungkinan terjadinya kerusakan kendaraan akibat goresan, dan tabrakan lebih besar dibandingkan kemungkinan terjadinya kehilangan kendaraan. “Kita harus melihat resiko. Kalau resikonya lebih besar harus dicover. Kalau di negara asing kan lalu lintasnya lebih teratur,” imbuhnya.

“Yang pasti pilih perusahaan asuransi dari klaimnya. Klaimnya itu bagus atau tidak. Lalu bagaimana kerja sama dengan sebuah bengkel, bagus atau tidak. Untuk kecepatan pelayanan dalam hal merespon klaim, seberapa cepat prosesnya. Intinya kemudahan yang dapat diterima konsumen. Ada beberapa perusahaan asuransi yang bila mobil konsumen masuk ke bengkel, bengkel bersangkutan yang datang ke tempat konsumen untuk mengambil kendaraannya. Jadi kita tidak perlu capai untuk mengantar,” tutupnya. 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (sab/JPC)

Kondisi Lalu Lintas Menentukan Pilihan Jenis Asuransi Kendaraan