JawaPos Radar | Iklan Jitu

New Datsun Go dan Go+ Resmi Mengaspal di Afrika Selatan

Laporan Langsung dari Afrika Selatan

21 November 2018, 08:37:03 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
Tampang New Datsun Go yang lebih elegan dan gagah (Edy Pramana/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Datsun terus melakukan gebrakan untuk menguasai pasar otomotif, khususnya kendaraan roda empat. Baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya. Setelah sukses dengan Datsun Go dan Go+ yang di Indonesia diperkenalkan pada empat tahun lalu, kini resmi diperkenalkan New Datsun Go dan Go+. Di Indonesia sendiri sudah diluncurkan pada awal Mei 2018.

Setelah mengaspal di Indonesia, New Datsun Go dan Go+ resmi meramaikan pasar kendaraan roda empat di Benua Afrika. Pada 17 November 2018, New Datsun Go dan Go+ resmi diluncurkan di Afrika Selatan. Beberapa hari usai diluncurkan, New Datsun Go dan Go+ resmi mengaspal di jalanan Afrika Selatan.

New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
Persiapan jelang test drive New Datsun Go dan Go+ (Edy Pramana/JawaPos.com)

Datsun Global dan Datsun Afrika Selatan mengundang media dari India, Indonesia, dan Rusia untuk menjadi saksi dan merasakan langsung berkendara dengan New Datsun Go dan Go+. JawaPos.com bangga karena menjadi salah satu media di Indonesia yang bisa merasakan langsung sensasi berkendara di Afrika Selatan dengan New Datsun Go dan Go+.

Kesempatan istimewa itu diberikan oleh Datsun Indonesia kepada JawaPos.com. Hal itu menunjukkan bahwa Datsun memang berkomitmen untuk menguasai pasar otomotif, dalam hal ini kendaraan roda empat, secara global.

Dalam penjelasannya, Datsun Marketing Afrika Selatan, Tessa Cooke, mengatakan bahwa Datsun menawarkan kendaraan roda empat untuk kelas menengah ke atas. Target utamanya adalah mereka yang berumur 25 hingga 35 tahun untuk New Datsun Go.

New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
Berhenti di Maponya Mall, Soweto (Edy Pramana/JawaPos.com)

"Sasaran kami adalah mereka yang tengah sibuk beraktivitas dan ingin bisa menabung. Selain itu, tak lupa melakukan kegiatan yang lain di samping bekerja," sebut Tessa.

Tak hanya itu, Datsun juga sangat memperhatikan soal gaya hidup atau lifestyle anak muda. Berdasar itu, New Datsun Go diluncurkan untuk bisa mengakomodasi gaya hidup anak muda yang cenderung ingin mengekspresikan diri. Desain dan tampilan New Datsun Go memang sangat pas untuk 'gaul' bagi anak muda yang banyak aktivitas.

New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
New Datsun Go dengan latar belakang landmark Maponya Mall (Edy Pramana/JawaPos.com)

Sementara itu, New Datsun Go+ secara spesifik untuk umur 35-45 tahun. Sasaran yang ditarget adalah para keluarga muda yang bisa menjadi inspirasi bagi yang lain. Selain itu juga mereka yang menggemari travelling bersama keluarga.

Pada akhirnya, kedua varian baru Datsun tersebut resmi mengaspal di jalanan Afrika Selatan. Perjalanan dimulai dari hotel tempat media dan tim Datsun menginap yakni di Pretoria. Test drive New Datsun Go dan Go+ terbagi dalam tiga bagian. Pertama dar hotel menuju Maponya Mall di kawasan Soweto. Kemudian dari Maponya Mall mampir ke Soccer City Stadium. Bagi pencinta sepak bola tentunya familiar dengan stadion tersebut. Ya, Soccer City Stadium merupakan salah satu stadion di Afrika Selatan yang menjadi venue Piala Dunia 2010 lalu.

New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
Suasana jalanan Afrika Selatan yang tak terlalu padat (Edy Pramana/JawaPos.com)

Dari Soccer City Stadium dilanjutkan ke tempat makan dan bercerita dengan media lain serta dengan pihak Datsun. Kemudian berlanjut kembali ke hotel.

Bagian pertama menempuh rute sejauh 80,4 kilometer. Saat JawaPos.com berkesempatan mengemudi, tak jauh berbeda dengan varian sejenis yang diluncurkan di Indonesia. Perbedaannya terletak pada penempatan panel untuk lampu serta sen dan wiper. Di Afrika Selatan, panel untuk menyalakan sen dan lampu di sebelah kiri kemudi. Sedangkan di sebelah kanan untuk menyalakan wiper.

New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
Soccer City Stadium, salah satu stadion yang digunakan di Piala Dunia 2010 (Edy Pramana/JawaPos.com)

Rute kedua menempuk jarak 82,3 kilometer dan diselingi mampir di Soccer City Stadium. Salah satu kelebihan New Datsun Go dan Go+ yang mengaspal di Afrika Selatan adalah suspensi terasa lebih nyaman. Ketika melibas jalan sedikit bergelombang, masih terasa nyaman. Selain itu, ketika berbelok pun masih bisa dengan mudah dikendalikan.

Dari Soccer City Stadium dilanjutkan ke tempat makan siang. JawaPos.com bisa merasakan karakter mesin New Datsun Go dan Go+ versi Afrika Selatan mirip dengan yang dikeluarkan di Indonesia. Tenaga yang dihasilkan dari mesin 1200 cc, 3 silinder ini mencapai 67 dk di 5000 rpm serta menghasilkan torsi 104 Nm dengan menggunakan transmisi manual.

New Datsun Go, New Datsun Go+, Datsun, Datsun Indonesia, Afrika Selatan, Test Drive
Datsun menjadi salah satu kendaraan yang banyak diminati di Afrika Selatan (Edy Pramana/JawaPos.com)

Berlanjut dari tempat makan siang kembali ke hotel menempuh 3,3 kilometer. Total perjalanan test drive menempuh 166 kilometer dan melewati jalan aspal mulus. Konsumsi bahan bakar mencapai 15,5 km/liter.

Tentunya menjadi sebuah pengalaman berharga bagi JawaPos.com, salah satu media Indonesia, yang turut merasakan langsung sensasi berkendara di jalanan Afrika Selatan dengan New Datsun Go dan Go+. Dari pantauan JawaPos.com selama perjalanan, perilaku pengemudi masyarakat Afrika Selatan tergolong patuh. Selain itu, tak banyak titik kemacetan yang dijumpai.

(epr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up