JawaPos Radar | Iklan Jitu

Motor Sespan Listrik Pertama di Dunia Siap Meluncur! Ini Sosoknya

21 November 2018, 03:10:59 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Motor Sespan Listrik Pertama di Dunia Siap Meluncur! Ini Sosoknya
Ural Motorcycle siapkan motor listril pertama di dunia. (Dok. Motorcycle.)
Share this

JawaPos.com - Pabrikan motor raksasa asal Rusia, Ural Motorcycle dikabarkan sedang mengembangkan motor listrik sespan pertamanya. Kendaraan ini akan menjadi motor listrik sespan pertama di dunia yang menggunakan paket powertrain Zero Motorcycles yakni motor, baterai, pengontrol, dan komponen lainnya.

Dikutip dari Motocycle, beberapa waktu lalu, Ural akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan bernama ICG yang berbasis di California, Amerika yang mengembangakan desain keseluruhan dan bertanggungjawab untuk membuat prototipe awal.

Sama-sama sebagai pengembang motor listrik, Zero Motorcycles juga menyediakan dukungan teknik yang diperlukan selama pengembangan dan pengujian prototipe yang memungkinkan proyek ini berjalan dengan baik, karena mereka berdua merupakan satu-satunya pengembanga motor klasik dengan model sespan.

Motor Sespan Listrik Pertama di Dunia Siap Meluncur! Ini Sosoknya
Motor listrik sespan versi produksi akan menambah daya pada kekuatan baterainya. (Dok. Motorcycle.)

Ural Motorcycle mengatakan projek ambisius ini didukung dengan platform sempurna karena mereka punya basis yang kuat dalam urusan motor sespan. Mereka sejak awal telah memproduksi roda dua dan sespan dengan kriteria kenyamanan, stabilitas, dan keamanan penumpangn.

Motor ini, menurut otoritas Ural sangat potensial dikembangkan karena semua orang bisa mengendarainya. Bahkan yang tidak terbiasa membawa sepeda motor. Ia tidak memiliki kopling atau pengalih gigi, pemutaran throttle otomatis dalam pengoperasian dan akselerasi.

Konsep motor sespan listrik ini telah melewati beberapa iterasi dengan mecari konfigurasi terbaik paket powertrain sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan. Hal yang paling sulit adalah menemukan lokasi optimal baterai sambil menjaga keseimbangannya namun semua telah mendapatkan tempat yang baik.

Setelah melewati tahap pertama pengambangan, Ural sepan kini tinggal melakukan riset pasar, mencari tahu tanggapan konsumen dan pakar industri untuk selanjutnya menjadikan prototipe yang sudah ada masuk naik pada produksi masal. Versi produksinya akan menggunakan beterai baru dengan pengembangan khusus untuk pengisian daya yang lebih efisien.

Motor listrik sespan ini sudah ditampilkan di ajang Progressive Motorcycle Show di Long Beach pada 16-18 November 2018. Dalam acara ini Ural Motorcycle telah melakukan test ride utnuk beberapa orang. Ural yakin setelah studi pasar selesai motor ini akan siap mendapat sambutan hangat, pecinta sespan di dunia.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up