JawaPos Radar

Tekan Polusi, Paris Berlakukan Kebijakan Pro Lingkungan Ini Pada 2019

21/10/2018, 13:04 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Tekan Polusi, Paris Berlakukan Kebijakan Pro Lingkungan Ini Pada 2019
Taksi listrik eCity TX LEVC solusi negara Eropa tekan polusi udara (Carscoops)
Share this

JawaPos.com – Tingkat emisi gas buang terus meningkat diberbagai kota dunia akibat industri dan transportasi konvensional. Hal ini merisaukan banyak pihak. Oleh karenanya dunia otomotif ikut berbenah dengan menggaungkan pengembangan mobil listrik baik untuk mobil pribadi maupun transportasi umum.

Bila merek-merek raksasa masih membuat mobil konsep bertenaga listrik, maka tidak bagi sebuah perusahaan mobil listrik asal Inggris London Electric Vehicle Company (LEVC), yang telah memproduksi taksi listrik untuk beberapa negara Eropa.

Tekan Polusi, Paris Berlakukan Kebijakan Pro Lingkungan Ini Pada 2019

Carscops, (20/10) mengungkapkan bahwa Paris pada tahun 2019 juga akan menggunakan taksi listrik LEVC seperti kota Amsterdam, Berlin, Hamburg dan Oslo lainnya yang telah lebih dahulu memakai taxi listrik untuk transpotasi perkotaan mereka.

Taksi yang akan digunakan di Paris adalah eCity TX LEVC dan rencananya akan mulai beroperasi di jalanan kota Paris pada paruh pertama tahun depan mengingat model taksi ini telah direstui oleh otoritas lokal untuk menekan polusi udara yang dihadapi kota-kota di Perancis.

CEO LEVC, Chris Gubbey mengatakan kehadiran Taksi TX LEVC menjadi solusi mengurangi polusi udara. LEVC ingin benar-benar berkontribusi bagi kelangsungan lingkungan yang bersih sebagai opsi bagi masyarakat kota untuk bersama-sama melawan efek burung gas buang kendaraan konvensional.

Mobil LEVC dengan desain klasik ala mobil 70-an Eropa ini dibekali dengan motor listrik dengan kapasitas power 148 hp dan torsi 225 Nm yang didukung oleh baterai Li-Ion 31 kWh, yang memungkinkannya dapat berjalan sejauh 80 mil atau 128 Km.

Pengembangan lanjutan terhadap mesin taksi listrik ini ke depan akan menggunakan mesin bensin 3 silinder turbocharged, yang akan terhubung ke baterai dengan setelan khusus sehingga mampu menempuh jarak 400 mil atau 643 Km.

Sebagai transportasi umum, unit eCity TX LEVC juga dilengkapi dengan sistem infotainment 9-inci, konektivitas Wi-Fi, atap kaca panoramic, interkom dan sejumlah sistem bantuan mengemudi, termasuk pengereman darurat otonom agar mobil lebih safety. Dengan semua kelebihan yang dimilikinya mobil ini akan dibanderol dengan harga USD 73.062 atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

Keterangan Foto : 

Taksi listrik eCity TX LEVC asal Inggris mulai beroperasi di Paris tahun depan (Carscoops)

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up