JawaPos Radar

Simak Nih! 4 Trik Saat Membeli Motor Bekas agar Tak Kecewa

21/10/2018, 16:33 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Simak Nih! 4 Trik Saat Membeli Motor Bekas agar Tak Kecewa
Motor sport bekas 150 cc di Condet, Jakarta Timur (Wilfridus Zenobius Kolo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Banyaknya peluncuran motor baru yang dilakukan Agen Pemegang Merek (APM) membuat model baru terus berseliweran di pasar. Bagi mereka yang doyan mengikuti perkembangan, kadang melepas motor yang baru dibeli untuk upgrade model.

Hal ini menjadi celah bagi perkembangan pasar motor bekas di kota-kota besar di Indonesia. Meskipun demikian, konsumen pemburu motor bekas harus punya informasi dan pengetahuan yang cukup dalam meminang motor bekas agar tak kecewa. Karena ada juga pemain nakal yang kerap menukar gantikan spare part atau jeroan motor yang orisinil dengan yang lama.

Untuk itu, ada beberapa trik untuk mengamati dan mengetahui motor bekas tersebut pernah dibongkar atau tidak. Berikut tips dari penggawa Abba Motor, Husein Alamudin saat berbincang dengan JawaPos.com di shoroomnya yang berlokasi di Jl Condet Raya, Jakarta Timur.

Pertama, perhatikan bodi motor dengan teliti. Biasanya motor bekas dengan tahun produksi baru bodinya masih kinclong, bila tak pernah ditukar atau mengalami kecelakaan. Bagian ini bisa diamati dan dipegang.

“Saya biasa jual motor sport dengan tahun muda tahun 2017 dan 2018. Ada juga 2016. Karena ini motor tarikan jadi masih mulus. Kalau mau beli perhatikan bodinya. Motor yang benar-benar bagus biasanya bodinya tak ada cacat. Listnya pun masih utuh, tidak ada gradasi warna yang mencolok antara part bodi yang satu dengan yang lain. Itu harus dilihat,” katanya berbagi beberapa waktu lalu.

Kedua, Perhatikan baut bodi, mesin dan baut pengait pada badan motor lainnya. Motor yang pernah dibongkar atau di utak-atik biasanya ada luka atau bekas pada baut. Bila baut pada mesin atau bodi motor terdapat bekas luka, besar kemungkinan motor tersebut pernah bermasalah.

“Motor yang belum pernah dibongkar biasanya masih mulus, tak ada cacat atau luka.Perhatikan saja baut mesin atau bosi, jika ada lecet berarti pernag dibongkar. Biasanya baut baru kan kalau dibongkar butuh tekanan yang kuat, karena itu pasti ada lecet,” jelasnya.

Ketiga, Perhatikan dengan jelih bunyi motor. Bila motor bekas yang masih baru dan belum pernah bermasalah dengan mesin, bunyinya masih halus. Tidak ada bunyi brebet atau tersendat saat motor digebar dengan tarikan gas yang tinggi dan lama.

Keempat, setelah semua kondisi motor yang diperiksa tak bermasalah cek kelengkapan dokumennya seperti STNK, BPKB dan kelengkapan lainnya seperti buku servis dan lainnya sehingga kita mengetahui dengan pasti kondisi motor tersebut.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up