JawaPos Radar

Begini Caranya Menjejalkan Konser Musik ke Dalam Kabin Mobil

21/08/2018, 11:43 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Begini Caranya Menjejalkan Konser Musik ke Dalam Kabin Mobil
Untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih, dinamis, dan berkualitas tinggi harus menggunakan perangkat audio yang sesuai dengan desain kabin mobil. (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ibarat nutrisi, musik adalah makanan pokok dalam kabin sebuah mobil. Musik bisa membuat Anda tetap terjaga dan terbebas dari belenggu kejenuhan dalam perjalanan.

Hal ini membuat Agen Pemegang Merek (APM) terus memberikan inovasi di sektor audio bawaan pada mobilnya.

Meski demikian bagi penikmat musik sejati, audio bawaan pabrik kadang tidak memenuhi ekspektasi mereka. Sehingga mereka lebih memilih mengganti perangkat audionya dengan merek-merek ternama, misalnya Pioneer, Venom dan lainnya.

Begini Caranya Menjejalkan Konser Musik ke Dalam Kabin Mobil
Setiap mobil bentuk beda-beda, dan suara yang dihasilkan pun berbeda-beda. (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)

Faktor ini yang membuat banyak Workshop Car Audio, tumbuh pesat di Indonesia. Lalu apa yang sebenarnya membuat sebagian konsumen lebih memilih menggunakan audio car dari aftermarket?

Adi Wijaya, Product Manager Pioneer Indonesia menjelaskan penataan panggung mobil sangat mempengaruhi kualitas suara dalam kabin mobil. Apalagi saat ini teskstur dan desain kabin pada mobil memiliki banyak lekukan dan ini juga berpengaruh pada kedinamisan suara.

“Panataan panggung di dalam kabin mobil itu berpengaruh ke kualitas suara. Karena  setiap mobil bentuk beda-beda, dan suara yang dihasilkan pun berbeda-beda,” kata Adi beberapa waktu lalu.

Ia mencontohkan penataan panggung dalam kabin layaknya sebuah panggung konser. Kita harus menempatkan posisi speakernya bagian mana saja, kemudian subwoofer, twiiter dan perangkat lainnya.

“Karena itu setingan dalam instalasi audio butuh keahlian. Misalnya setingan car audio pada daily use car beda dengan kebutuhan untuk mobil yang ikut kontes audio. Di kontes audio kita harus sesuaikan dengan tinggi atau pendeknya juri, karena jarak dan frekuensi bunyi yang sampai ke telinga berbeda-beda,” jelasnya.

Jadi untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih, dinamis, dan berkualitas tinggi harus menggunakan perangkat audio yang sesuai dengan desain kabin mobil dan butuh instalasi yang baik. Biasanya bengkel-bengkel car audio memiliki kualifikasi ini.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up