alexametrics

Perkawinan Toyota dan Suzuki: Kembangkan Mobil Masa Depan Bersama

21 Maret 2019, 14:53:39 WIB

JawaPos.com – Toyota dan Suzuki mengumumkan perjanjian baru untuk bekerjasama dalam elektrifikasi, hibridisasi dan pengembangan produk mobil. Kemitraan baru Toyota dan Suzuki dilakukan setelah keduanya menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) pada Februari 2017 lalu.

Setelah melakukan kerja sama kurang lebih dua tahun kedua raksasa otomotif global telah mengumumkan perjanjian baru untuk memulai kolaborasi lebih jauh di berbagai departemen dan bidang yang diminati. 

Dalam laporan Gaadiwaadi, Rabu (20/3) kedua perusahaan Jepang ini akan saling memanfaatkan kekuatan satu sama lain. Misalnya, keahlian elektrifikasi Toyota dan pengetahuan yang diperoleh Suzuki soal kendaraan kompak digunakan sebagai kolaborasi bersama dalam produksi mobilitas tanpa emisi.

Dalam perspektif global, Toyota akan memasok sistem hybridnya ke Suzuki. Di Eropa, Toyota akan memasok versi listrik dari crossover RAV4 populer dan Corolla Wagon ke Suzuki. Hal ini akan sangat membantu Suzuki untuk berkembang lebih jauh dalam elektrifikasi produk-produknya.

Selain itu, Toyota juga akan membantu Maruti Suzuki di India dalam teknologi HEV (Hybrid Electric Vehicle). Hal ini adalah langkah logis ecara bertahap sebagai awal yang baik menuju transisi produk Suzuki menuju elektrifikasi mobil penuh dalam waktu dekat. 

Contoh hasil kerjasama keduanya telah terlihat dalam Ciaz dan Ertiga. Kedua mobil ini dibangun oleh Suzuki dan akan dipasok ke Toyota untuk dikembangkan bersama MPV segmen C Toyota, misalnya Innova Crysta. 

Selain itu, Vitara Brezza dari Maruti Suzuki akan diproduksi di fasilitas Toyota Kirloskar Motor(TKM) Karnataka mulai tahun 2022. Pengembangan produk bersama ini akan dianggap sebagai keuntungan oleh Toyota karena model-model diatas.

Mobil ini juga merupakan kendaraan Toyota rebadged kedua yang dijual berdasarkan Maruti Suzuki karena merupakan rekayasa ulang dari model premium Baleno yang akan ditampilkan di ruang pamer Toyota beberapa bulan mendatang.

Dengan kerja sama ini model Baleno, Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga buatan India akan dibeli oleh Toyota untuk digunakan di negara-negara Afrika. Mesin Suzuki yang baru juga akan dikembangkan dan dimasukkan ke kendaraan kompak Toyota di Eropa untuk mendukung diproduksinya di pabrik Toyota di Polandia. 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Perkawinan Toyota dan Suzuki: Kembangkan Mobil Masa Depan Bersama