alexametrics

Mitsubishi Tua Bangka dari Pangkalpinang Bikin Kepincut Wisatawan

21 Maret 2019, 10:19:30 WIB

JawaPos.com – Mobil penumpang atau bus lawas saat ini sudah jarang terlihat beroperasi di jalan raya. Selain kalah bersaing dengan model-model baru yang ada, mesin dan bodinya yang sudah termakan usia mengharuskannya beroperasi di area-area tertentu sebagai mobil wisata.

Salah satunya adalah bus Mitsubishi tipe Cold Diesel 100 PS yang diproduksi tahun 1987 yang ikut nongkrong di area pameran Busworld South East Asia 2019, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Mobil ini tua ini beroperasi dalam kurun waktu lama sebagai bus andalan di Pangkal Pinang.

Kepala Museum Timah Indonesia, Taufik menceritakan bus Mitsubishi tipe Cold Diesel ini telah beroperasi belasan tahun mulai dari tahun 80-an hingga tahun 2000-an. Saat itu ia menjadi transportasi andalan dengan rute Pangkalpinang ke Sungai Liat di Bangka Belitung.

“Mobil ini dulunya bus penumpang jurusan Pangkalpinang ke Sungai Liat. Bus model ini sudah beroperasi dari tahun 1950-an hingga tahun 2000-an. Biasanya bisa muat 22 orang penumpang dewasa. Karena kalah bersaing dengan bus-bus model baru yang lebih moderen,” kata Taufik, Rabu (20/3) di JIExpo, Kemayoran.

Taufik mengungkapkan setelah tidak beroperasi lagi di Pangkalpinang, Mitsubishi Cold Diesel ini dibeli oleh PT Timah Indonesia pada tahun 2011 dengan harga Rp 55 juta untuk digunakan sebagai mobil pariwisata. Biasanya anak sekolah atau wisatawan yang berkunjung ke PT Timah Indonesia menggunakannya sebagai mobil city tour keliling area PT Timah.

“Jadi setelah busnya tidak beroperasi lagi PT Timah mencari dan membelinya untuk dijadikan mobil city tour yang bisa menarik wisatawan karena bentuknya yang unik. Jadi banyak pengunjung yang senang menggunakannya saat kunjungan,” ujarnya.

Saat PT Timah membeli cold Diesel ini, kondisinya masih baik dan terawat sehingga ia hanya mendapatkan restorasi minim. Untuk mendapatkan kondisi mulus mereka melakukan perbaikan bodi dan merapikan interior.

“Kalau kemarin saat mau ke Jakarta ada perbaikan sedikit di bagian bodi yang mulai keropos dan bagian atasnya karena bahan kayunya sudah lapuk. Jadi hanya dirapikan saja,” tukasnya.

Bus Cold Diesel 100PS dengan nama Pownis ini merupakan bus kayu terakhir di Bangka-Belitung yang masih terawat. Bus ini sebenarnya adalah truk kayu yang dibangun menjadi bus oleh karoseri lokal. Banyak daerah di luar Jawa yang mengandalkan bus-bus seperti ini sebagai angkutan umum jarak jauh.  

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Mitsubishi Tua Bangka dari Pangkalpinang Bikin Kepincut Wisatawan