alexametrics

Berambisi Jadi Basis Produksi, Yamaha India Ingin Langkahi Indonesia

21 Maret 2019, 17:21:05 WIB

JawaPos.com – Yamaha berencana meluncurkan lebih banyak sepeda motor premium di India. Mereka ingin menjadikan India sebagai basis produksi terbesar di dunia pada tahun 2024. Hal ini tentu akan membuat permintaan impor dari negara lain semakin tinggi.

Secara penjualan domestik India, Merek berlogo garpu tala ini saat ini menjadi salah satu merek paling populer di India. Hampir semua tipe motor Yamaha sangat kompetitif di pasar negeri Hindustani, sehingga saat ini mereka berfokus pada segmen premium dan skuter karena volume permintaan meningkat.

Gaadiwaadi, Rabu (20/3) melaporkan Yamaha India ingin mejadi pemimpin utama penyebaran motor di Asia sehingga ia terus berupaya mendorong agar penjualan domestik terus meningkat sehingga dapat mendukungnya melaju menuju pengembangan basis peroduksi yang lebih besar.

Ketua Yamaha Motor India, Motofumi Shitara mengatakan, mereka ingin India menjadi produksi terbesarnya yang berbasis di dunia pada tahun 2024. Pasar Indonesia dan Vietnam saat ini memang berada di depan India tetapi kedua pasar ini telah mencapai kejenuhan, sehingga perusahaan tidak berharap banyak untuk pertumbuhan di masa depan. 

Faktor pendorong Yamaha Motor India adalah pertumbuhan pada tingkat yang baik berkat meningkatnya populasi. Prinsipal Yamaha di Jepang, kabarnya ingin memproduksi 2,5 juta unit di India dalam lima tahun ke depan, karena mereka saat ini memproduksi 1,7 juta unit.

Produksi yang akan digenjot mencakup untuk pasar domestik dan ekspor. Namun saat ini mereka masih mengalami hambatan pada penjualan yang masih cukup rendah. Pangsa pasarnya hanya berkembang satu digit tahun lalu.

Tahun 2018 lalu, Yamaha hanya menjual 2 juta unit lebih, sementara Honda menjual sepeda motornya hingga 6 juta unit. sebuah angka yang sangat jomplang.untuk itu, tahun ini Yamaha akan meluncurkan banyak motor premium baru agar dapat menstimulus pasar.

Yamaha india mengincar revolusi besar ke depannya, dimana kendaraan listrik adalah sebuah produk yang harus dikembangkan dan saat itu industrinya sudah siap untuk memproduksinya. Saat ini mereka belum bisa berbicarabanyak soal kendaraan listrik karena kinerja penjualan, kontrol harga dan infrastruktur pengisian baterai yang belum terjamin.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Berambisi Jadi Basis Produksi, Yamaha India Ingin Langkahi Indonesia