JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kampanye Safety Driving Bagi Sopir Ala UD Truck

21 Februari 2019, 19:53:33 WIB
Kampanye Safety Driving Bagi Sopir Ala UD Truck
Para sopir truk ikut pelatihan safety driving bersama UD Truck (Dok. UD Truck.)
Share this

JawaPos.com - Pengemudi truk membutuhkan pelatihan dan pembekalan berupa Safety Driving agar lebih aman dan tidak menimbulkan masalah saat melakukan operasinya. Sebagai kendaraan dengan muatan berat sudah barang tentu, permasalahan yang melibatkan truk selalu berakibat fatal bagi pengemudi dan pengguna jalan lain.

Berdasarkan data Korlantas Polri, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia sejak 2011-2018 tercatat mencapai 30 ribu jiwa. Korlantas menargetkan pada 2020 mendatang angka kecelakaan bisa ditekan menjadi 15 ribu jiwa, melalui upaya pengedukasi masyakarat di seluruh Indonesia mengenai kemanan mengemudi kendaraan.

Untuk itu, Astra UD Truck sebagai penyedia trasnportasi barang maupun penumpang merasa bertanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan transportasi kendaraan bermuatan berat seperti truk. Hal ini ditunjukan dengan keterlibatannya dalam kegiatan ‘Safety Driving’ bersama Polres Pelabuhan Tanjung Priok di Tanjung Priok, beberapa waktu lalu.

Bagi mereka, pengemudi truk adalah salah satu elemen utama yang penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, mengingat lebih dari 70 persen kargo di negara ini diangkut melalui jalur darat. Komitmen ini sejalan dengan upaya Astra UD Trucks dalam meningkatkan edukasi keselamatan dan aman berlalu lintas bagi para pengemudi truk tersebut.

Sejalan dengan program Astra International yang mengusung Ayo Aman Berlalu Lintas, maka Astra UD Trucks mendukung Kepolisian Republik Indonesia untuk turut serta memberikan edukasi dan pelatihan kepada pengemudi truk sesuai porsi Astra UD Trucks sebagai distributor truk yang menjual Quester GKE (tractor head) di segmen general cargo dan EMKL di wilayah Tanjung Priok sejak masih mengemban merk dagang Nissan Diesel.

“Kehadiran pengemudi truk sangat berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia, dan keamanan dalam mengemudi patut di perhatikan, karena merekalah jantung jalannya perindustrian di Indonesia. Upaya positif dari Kepolisian Republik Indonesia dalam mengedukasikan para pengemudi melalui program Safety Driving yang berlangsung sangat kami dukung, apalagi pengemudi merupakan titik interaksi utama bagi industri kami”, kata Winarto Martono, COO Astra UD Trucks.

Program pelatihan dan pembelkalan Safety Driving ini melibatkan 40 pengemudi truk. Mereka antusias mengikuti pelatihan mulai dari teori hingga menjalankan praktik. Materi yang diberikan juga menyentuh peran serta masyarakat dalam pemberantasan narkoba, dengan edukasi keamanan berlalu lintas sebagai inti materi.

Winarto menambahkan, walaupun UD Truk memiliki armada dengan fitur keselamatan yang baik seperti yang disematkan pada model light truck Kuzer, pengemudi perlu mendapatkan pelatihan agar benar-benar memahami aturan lalu lintas dan bagaimana berkendara yang aman berkeselamatan.

“Walau didukung produk UD Trucks yang mutakhir seperti truk ringan Kuzer yang sudah mulai mengaspal, serta dibantu jajaran pelayanan diler di seluruh Indonesia tidak akan produktif apabila tidak ada sinergitas dan keseimbangan diantara semua itu. Kegiatan in merupakan gerakan moral atas kepekaan, kepedulian dan tanggung jawab seluruh instansi dalam industri ini,” tukasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini