JawaPos Radar | Iklan Jitu

Simak 4 Tips Merawat Diecast Kesayangan Agar Tetap Kinclong

20 November 2018, 12:18:30 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Simak 4 Tips Merawat Diecast Kesayangan Agar Tetap Kinclong
Diecasst butuh perawatan rutin agar tetap kinclong. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Siapa yang tak suka dengan diecast atau miniatur mobil. Semua tentu menyukainya. Apalagi, diecats merupakan replika dari mobil yang memiliki kenangan dengan masa kecilnya. Tentu miniatur itu akan menjadi barang kesayangan.

Memiliki diecast dengan skala tertentu pastinya membutuhkan perawatan. Asal meletakannya di ruangan atau almari diruangan yang lembab. Karena itu dapat membuat miniatur cepat berjamur. Untuk itu ia membutuhkan perawatan sederhana namun rutin dilakukan.

Berikut penuturan Head of Promotbon Indonesia Diecast Expo (IDE), Feldani Effendy berhubungan dengan beberapa cara merawat koleksi diecast kecintaan Anda agar tetap awet dan kinclong.

Simak 4 Tips Merawat Diecast Kesayangan Agar Tetap Kinclong
Diecast harus disimpan dalam lemari dan dijauhkan dari udara lembab. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

Pertama, Taruh di lemari dengan benar. Simpan diecast dengan tempat yang sesuai. Untuk penyimpanan semua tergantung dari detail masing-masing koleksi miniatur. Semakin detail diecast dan semakin mengkilap cat bodinya dengan skala yang lebih besar membutuhkan perawatan khusus.

"Taruh di lemari yang tertutup dengan kaca agar tidak terpapar udara lembab karena bila itu terjadi maka catnya bisa merintis akhirnya jadi kusut," kata Feldani saat bebincang dengan JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Kedua, bersihkan diecast secara rutin. Lakukan pengelapan miniatur secara rutin dengan kain halus atau microfiber untuk menghilangkan debu yang menempel pada permukaan bodi atau dalam mobil yang berskala besar. Hal ini untuk menghilangkan debu yang bisa merusak cat.

"Paling penting adalah bersihkan debu yang menempel pada diecast. Cara mengelapnya juga jangan langsung dilap dengan tangan kosong. Pakai sarung tangan plastik atau karet agar permukaan cat tidak terkana keringat dari tangan akan meninggalkan bekas pada permukaan bodi," ujarnya.

Ketiga, bersihkan bagian dalam miniatur yang lebih detail dengan blower kecil yang biasa digunakan untuk membersihkan selah-selah kamera. Setelah itu usap perlahan dengan kuas kecil agar menghilangkan debuh pada celah kecil mobil miniatur.

Keempat, simpan di rungan lantai satu. Bila pemilik koleksi diecas punya rumah lantai dua. upayakan utnuk menyimpannya di lantai satu karena biasanya lantai dua memiliki udara yang lebih lembab.

"Mereka yang punya rumah lantai dua. Usahakan agar koleksi diecast disimpan dilantai satu agar udaranya lebih normal dibanding lantai dua yang lebih lembab. Jangan biarkan diecast langsung terpapar sinar matahari," tukasnya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up