JawaPos Radar | Iklan Jitu

Perkenalkan Urus ST-X, Lamborghini yang Disiapkan Ikut Balap Off Road

20 November 2018, 15:57:46 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Perkenalkan Urus ST-X, Lamborghini yang Disiapkan Ikut Balap Off Road
Lamborghini Urus ST-X (Carscoops)
Share this

JawaPos.com - Lamborghini kembali meluncurkan model terbarunya. Kali ini merek berlogo Banteng ini kembali meluncurkan Urus ST-X Concept untuk seri balap yang akan masuk kelas off-road. Brand supercar asal Italia yang satu ini memang memiliki kemapanan dalam pengembangan teknologi maupun desain mobil. Salah satunya, saat meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) supercar pertama di dunia yang mengejutkan pecinta otomotif.

Pengaruh kuat Lamborghini Urus membuat banyak brand premium mulai mengikuti langkahnya. Namun ia tidak berhenti di sana. Kali ini merek berlogo Banteng ini kembali meluncurkan Urus ST-X Concept untuk seri balap yang akan msuk kelas off-road.

Konsep Urus ST-X awalnya dibangun hanya untuk medan onroad meskipun punya nyali untuk melintasi medan off-road. Carscoops, Minggu (18/11) menyebutkan Urus ST-X memiliki desain yang agresif dan livery Matte Verde Mantis.

Lamborghini tidak terlalu detail menyebutkan spesifikasi mobil balap off-road ini, tetapi crossover balap ini telah dilengkapi dengan kap serat karbon berventilasi, intake udara yang lebih besar, dan roda 21 inci dengan ban Pirelli.

Selain itu beberapa titik seperti tutup cermin juga mendapat material serat karbon termasuk sayap belakang yang padu dengan exhaust atau knalpot balap lateral dengan desain heksagonal baru. Karena crossover ini dirancang untuk kompetisi, ia telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan yang disetujui FIA seperti roll bar baja, sistem pencegah kebakaran dan tangki bahan bakar FT3.

Lamborghini yang juga disebut tim internal divisi racing sebagai Squadra Corse juga menyulap beberapa bagian part dengan alumunium dan menukarnya dengan serat karbon sehingga Urus ini mengalami penurunan berat 25 persen dibandingkan dengan model standar.

Meskipun konsepnya jauh lebih ringan daripada model standar, ia menggunakan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang sama yang menghasilkan 641 hp dan torsi 850 Nm. Dengan mesin ini, ia dapat berakselerasi dari kecepatan 0 ke 100 km per jam hanya dalam 3,6 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 305 km per jam.

Konsep Urus ST-X akan membuat debut perdana di ajang Final Dunia Lamborghini 2019 dan kemungkinan akan masuk ke produksi terbatas saat seri balap on-road atau off-road yang dimulai pada tahun 2020.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up