JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tangan Dingin Bingky Hasilkan Cleveland Samurai Gempal

19 November 2018, 15:50:57 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Tangan Dingin Bingky Hasilkan Cleveland Samurai Gempal
Modifikasi Bingky buat Cleveland Heist Berubah jadi motor Samurai yang keren. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menghadirkan motor modifikasi dengan sebuah konsep baru, yang ditujukan untuk dijual secara masal merupakan sebuah ide brilian yang hadir dari Cleveland. Hal itu yang saat ini sedang digarap oleh Cleveland cyclewerks dan beberapa builder untuk membangun motor custom yang keren untuk masyarkat.

Salah satu builder yang ikut dalam projek ini adalah Penggawa Bengkel Carburator Spring, Om Bingky yang dikenal sebagai salah satu builder ternama di Indonesia. Salah satu karya motornya yang telah selesai dikerjakan adalah Cleveland Heist yang dicustom menjadi American Bobber.

Motor berkelir hitam dengan aksesoris keren dengan plat berukir sayap pada tangkinya terlihat luar biasa. Bagi mereka yang tak jelih motor dengan nama Samurai C1.0 ini tak akan dikenali sebagai motor Heist karena ia  terlihat lebih padat.

Tangan Dingin Bingky Hasilkan Cleveland Samurai Gempal
Ubahan Cleveland Heist buat motor lebih padat dan lincah. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

"Jadi motor ini terlihat lebih padat. Kalau standarnya lebih tinggi. Terus Bobbernya masih standar karena ada jarak antara tangki dan mesin. Maka kita rubah jadi American bobber. Jadi pada saat motor datang kita pretelin semua. Hanya pakai rangka dan mesinnya saja," kata Bingky di Pondok Indah Mall, pada Minggu (18/11).

Inspirasi Bingky membuat motor keren ini, karena sering melihat motor Samurai di Jepang yang sangat lincah meliuk-liuk ditengah jalan sempit dan padat karena macet. Membandingkannya dengan kondisi Jakarta, maka motor Samurai ini lahir dari Bengkelnya yang bermarkas di Bintaro.

Motor Heist garapan Bingky tak mengalami perubahan ekstrim, karena memeang basic Cleveland Cyclewerks meruapakan motor dengan desain modifikasi yang kental sehingga tidak ada perubahan secara struktur frame.

Perubahan yang dilakukan Bingky pada motor ini adalah frame bawaan motor rendahkan untuk memadatkan jarak antara tangki dan mesin. Dengan demikian tinggi motor juga merata dan sama dari depan ke belakang. Ban depan dan belakangnya pun sama dengan jok single seater tanpa boncengan.

"Jadi framenya tidak ada perubahan. Kita hanya rendahkan bagian atas motor. Kita padatnya jarak antara tangki dan mesin. Ban depan dan ban belakang memiliki ukuran lebar yang sama. Untuk Samurai bisa juga ban depan lebih kecil dari ban belakang tapi kita buat sama. bagian joknya kita custom, tapi tetap single seater. Dan yang paling basic adalah bagian depan Samurai selalu pakai Springer shock," jelas Bingky.

Model American Bobber dengan nama Samurai C1.0 ini merupakan hasil karya percontohan atau prototipe yang dibuat untuk dipasarkan Cleveland, Jika projek ini berhasil orang tidak perlu datang ke builder karena semua piranti yang ada pada Samurai akan dibuat sebagai part masal sehingga siapa yang ingin membuat motor Heistnya seperti Samurai tinggal memasang komponen atau bagian-bagian partnya secara plug & play.

Motor ini tampil mengesankan layaknya motor-motor keren di Amerika yang biasa dipakai untuk touring-touring jarak jauh. Untuk mendapatkan model ini, Bingky dan crewnya menghabiskan waktu empat bulan pengerjaan. Bingky tidak bisa memastikan harga motor ini. Yang pasti setelah dicustom motor ini akan lebih mahal dari harga aslinya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up