JawaPos Radar

AHSS Dipadu HSS: Perisai Utama Keamanan Kabin Kia Grand Sedona Diesel

19/07/2018, 15:51 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
AHSS Dipadu HSS: Perisai Utama Keamanan Kabin Kia Grand Sedona Diesel
Struktur bodi AHSS berpadu teknologi HSS pada Kia Grand Sedona Diesel (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - “Saat ini banyak produsen berlomba membuat kendaraan dengan mesin berperforma tinggi, sedangkan realita di lapangan menunjukkan bahwa pengemudi banyak yang memiliki keahlian biasa-biasa saja. Kondisi seperti itu yang mendorong kami (Kia Motors) melengkapi kendaraan dengan beragam fitur keselamatan mumpuni,” kata Harry Yanto, GM Business Development PT KMI dalam acara peluncuran Kia Grand Sedona Diesel di Pantai Mutiara, Jakarta pada Rabu (7/18).

Salah satu fitur keselamatan itu diaplikasikan pada struktur kerangka Advanced High Streght Steel (AHSS) yang dipertangguh teknologi Hot Stamped Steel (HSS). Teknologi ini diklaim dapat memberikan perlindungan ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Kerangka AHSS yang dipadukan dengan penerapan metode hot stamping dapat digunakan untuk memperkuat daerah rawan dalam kabin penumpang. Proses hot stamping membuat baja lebih kuat hingga lima kali dari keadaan normal.

AHSS Dipadu HSS: Perisai Utama Keamanan Kabin Kia Grand Sedona Diesel
Airbag yang dipasang di 6 titik, turut memberikan keamanan penumpang di dalam kabin. (Istimewa)

Selain kuat, AHSS juga bersifat lebih ringan bila dibandingan dengan baja pada umumnya. Dengan demikian bobot kendaraan bisa tetap ringan, sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien.

“Struktur kerangka tersebut memiliki kemampuan menahan tekanan sebesar 4,38 kali bobot sedona. Sekitar 11 ton”, imbuh Harry.

Kia Grand Sedona Diesel 52% menggunakan AHSS pada struktur kerangkanya. AHSS diaplikasikan di bagian kerangka atap kabin dan kerangka bagian samping. Pada bagian-bagian itu merupakan titik rawan kendaraan.

Fitur keamanan lain yang dijejalkan di dalam mobil ini yaitu 6 airbags yang dipasang di beberapa titik.

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up