JawaPos Radar

Penjualan Motor Matic Bekas Masih Meriah

18/10/2018, 13:23 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Penjualan Motor Matic Bekas Masih Meriah
Showroom motor bekas di Condet keluhkan penurunan penjualan . (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Geliat penjualan motor bekas di berbagai kota besar Indonesia terus berkembang. Walaupun mengalami pasang surut selaras dengan kondisi ekonomi masyarakat. Para pemain motor bekas masih memiliki peluang menggarap pasar ini.

Punggawa showroom Kayna Motor di Jl Condet Raya No.16, Jakarta Timur berbagi cerita seputar kondisi pasar motor bekas. Baginya bisnis motor bekas saat ini mengalami kemerosotan.

Terkait hal itu, ia tak menyalahkan kenaikan dolar, BBM dan pajak yang membengkak. Tetapi setidaknya faktor-faktor di atas berpengaruh kepada pasar motor bekas yang melorot jauh hingga 60 persen dalam tiga bulan terakhir.

“Saya jual motor matic. Kalau sekarang memang sepi pembeli karena mungkin daya beli orang menurun. Bila sebelumnya saya bisa jual 15 unit motor, sekarang 5 motor saja sudah lumayan. Turunnya sampai 60 persen,” kata pria asal Surabaya itu, Kamis (18/9) di Showroomnya di Condet, Jakarta Timur.

Lebih lanjut, dia mengatakan  bahwa saat ini peminat motor bekas cukup banyak,  umumnya mereka mencari matic yang masih ber usia yang masih mudah agar barangnya masih bagus dan nyaman digunakan.

“Saat ini memang yang masih laris adalah matic Honda. Misalnya Honda Beat dan Honda Vario. Meski ada juga Yamaha Nmax dan Soul GT yang kita punya. Tapi tidak selaris matic Honda,” ujarnya.

Soal pengetesan motor oleh pembeli saat ingin meminang motor dari showroom terbilang sederhana karena hal ini dilandasi saling percaya. Biasanya pembeli yang mencari motor diarahkan untuk mengecek bodi dan mesin motor serta kelengkapan dokumen sebelum mereka deal dan mereka membawa motor

“Biasanya orang lihat bodi. Kalau sudah sreg, mesinnya dicoba dengan mendengar suaranya saat digeber. Kalau cocok, kita perlihatkan dokumennya dan deal,” tukasnya.

Biasanya Honda Beat tahun 2017 dijual dengan harga Rp 10,5 juta, Vario 2015 yang masih tersimpan di showroom dijual Rp 11, 8 juta dan Yamaha Nmax yang juga menjadi incaran dilepas kurang lebih Rp 20 juta.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up