JawaPos Radar

Jeep Klasik Perang Dunia ke-2 Bintang Hollywood dibanderol Rp 1,9 M

18/10/2018, 05:30 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Jeep Klasik Perang Dunia ke-2 Bintang Hollywood dibanderol Rp 1,9 M
Jeep Willys lansiran tahun 1945 milik Steve MCQueen (Carscoops) (Carscoops)
Share this

JawaPos.com - Mobil klasik selalu memiliki kekuatan pada historinya. Itu sebabnya banyak kolektor tetap memburunya untuk dijadikan koleksi pribadi atau ingin mengabadikannya dalam pengawasan museum tertentu.

Salah satu mobil yang menjadi pembicaraan di dunia lelang Amerika adalah sebuah mobil Jeep Willys lansiran 1945 yang pernah ikut bersama pasukan Amerika Serikat dalam perang dunia kedua, sebagai kendaraan taktis perang. Jeep Willys dianggap sebagai salah satu mobil pelaku sejarah yang perlu mendapat tempat istimewa.

Hal manis yang pernah dicicipi Willys adalah ketika menjadi bintang Hollywood bersama Steve McQueen dalam beberapa film Hollywood di era 1980-an. Kendaraan ini bahkan kemudian menjadi koleksi sang bintang yang sampai saat ini masih tampak sempurna dan akan dilelang bertepatan dengan gelaran Lancaster Insurance Classic Motor Show sale at the NEC, Birmingham, Inggris.

Jeep Klasik Perang Dunia ke-2 Bintang Hollywood dibanderol Rp 1,9 M
Jeep Willys lansiran tahun 1945 milik Steve MCQueen (Carscoops)

Acara lelang yang rencananya akan digelar 10-11 November 2018 ini diprediksi akan menyita perhatian karena baik McQueen maupun Jeep Willys sama-sama merupakan legenda baik dalam dunia otomotif maupun perfilm-an.

Rumah lelang yang akan mendapatkan kehormatan untuk melakukan pelelangan ini seperti lansiran Carscoops, Selasa (16/10) adalah SilverstoneAuctions. Pihak internalnya memprediksi Jeep Willys ini akan terjual dikisaran harga EUR 113,511 atau setara dengan Rp 1,9 miliar.

Kondisi mobil ini akan mengejutkan peserta lelang karena masih sangat terjaga bahkan keseluruhan komponen dan aksesorisnya masih orisinil. Bahkan sebuah dokumen kepemilikan dari sang bintang Steve McQueen masih tertera pada mobil dan dokumen aslinya. Sampai-sampai pajak mobil ini masih dibayarkan scara rutin oleh pemilik pertamanya di Inggris.

Kisah mobil ini sangat mengesankan karena sang bintang langsung membelinya dari angkatan darat Amerika. Willys legendaris ini kemudian disimpan sebagai koleksi pribadi sebelum dijual di 'Steve McQueen Estate Auction' pada 24-25 November 1984, di Las Vegas dengan harga saat itu mencapai EUR 4.566 atau setara dengan Rp 79 jutaan.. Perbandingan harga jual ini tentu lebih dari 10 kali lipat. Namun banyak orang yang menincarnya.

Untuk para pecinta Willys, harga ini sepadan dengan kisah yang disimpan dan dibawanya. Ceritanya terkesan sempurna, Jeep perang dunia ke II, pernah dimiliki dan dikendarai oleh salah seorang pemain film Hollywood brilian steven McQueen dan membintangi film.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up