alexametrics

Tingkatkan Penjualan, Mitsubishi Perkuat Jaringan Diler

18 Maret 2019, 21:43:48 WIB

JawaPos.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus melakukan ekspansi dengan memperkuat jaringan diler. Tujuannya, mengoptimalkan performa penjualan dan sekaligus bisa lebih dekat dengan konsumen.

Head of Dealer Development Departement MMKSI Setia Hariadi menyebut sepanjang tahun fiskal 2018 pihaknya menargetkan memiliki 143 diler di Indonesia.

“Tahun fiskal 2018 kami berakhir di bulan Maret ini. Rencananya sampai akhir Maret, kami akan meresmikan lima diler lagi sehingga total menjadi 134 diler,” ujarnya setelah kegiatan Grand Opening Mitsubishi Passenger Car & Light Commercial Car Authorized Dealer PT Srikandi Diamond Indah Motors di Surabaya, Senin (18/3).

Sisanya, kata Setia, sebanyak 9 diler masih on progress. Awal April diharapkan sudah bisa beroperasi. Setia juga menerangkan, nantinya setelah menyelesaikan target 2018, pihaknya berencana akan meresmikan lagi 10 diler tambahan di tahun fiskal 2019. ”Target kami sampai akhir tahun fiskal 2019, Mitsubishi telah memiliki 153 diler di tanah air,” tegasnya.

Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro juga menjelaskan, bagi Mitsubishi, penambahan jumlah diler sangatlah penting. Sebab hal itu bisa berguna untuk mengoptimalkan layanan penjualan dan after sales mobil penumpang Mitsubishi.

Menurutnya, semakin banyak jumlah diler, maka jangkauan ke konsumen juga akan bertambah luas. ”Terutama setelah Xpander berhasil meraih penjualan 100 ribu unit di bulan Maret ini sejak diluncurkan tahun 2017. Tentu pencapaian itu harus disupport oleh ketersediaan diler agar bisa lebih dekat dengan konsumen,” katanya.

Secara nasional sejak bulan April 2018 sampai Februari 2019, minat masyarakat terhadap pembelian kendaraan Mitsubishi Motors mengalami peningkatan 47,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. ”Itu semua berkat kerjasama dengan semua diler Mitsubishi di Indonesia. Jadi keberadaan diler sangat penting untuk kami,” tutur Irwan.

Yang terbaru, pihaknya telah meresmikan diler ke 129 yang berlokasi di Wiyung, area Surabaya Barat. Peresmian tersebut merupakan kerjasama MMKSI bersama mitra jaringannya yaitu PT Srikandi Diamond Indah Motors.
Direktur PT Srikandi Diamond Indah Motors Wandy Koerniady menambahkan, diler tersebut merupakan diler pertama milik Srikandi yang berada di daerah Wiyung dan menjadi diler ke 38 hasil kerjasama MMKSI dengan Group Srikandi. Investasinya mencapai Rp 89 miliar.

Wandy mengungkapkan, pihaknya memilih lokasi tersebut karena berada di area dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Banyak perkantoran dan perumahan yang didominasi oleh masyarakat kalangan menengah ke atas “Karakteristik tersebut menjadikan Wiyung menjadi salah satu area yang memiliki potensi pasar yang cukup baik bagi Mitsubishi,” tuturnya.

Di Surabaya Barat, Xpander dan Pajero Sport menjadi model yang paling diminati masyarakat. Khusus di area tersebut, pangsa pasar Xpander berada di angka 32 persen dan Pajero Sport 44 persen. Jika dibreakdown lagi, kontribusi Jatim terhadal sales Mitsubishi nasional sebesar 12 persen. Kemudian Surabaya berhasil menyumbang penjualan sekitar 36 persen terhadap Jatim. ”Lalu kontribusi Surabaya Barat sendiri terhadap kota Surabaya mencapai 20 persen,” ujar Wandy.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Charina Marietasari

Copy Editor :

Tingkatkan Penjualan, Mitsubishi Perkuat Jaringan Diler