alexametrics

Ini Tampang Motor Listrik Pertama Ducati, Hasil Karya Anak Milan

18 Februari 2019, 19:46:47 WIB

JawaPos.com – Ducati, merek motor asal Italia telah melakukan inovasi besar pada pengaplikasian mesin listrik pada tunggangannya. Bagi petiggi Ducati sudah saatnya mereka melakukan transformasi teknologi dan memberikan motor listrik untuk konsumennya.

Hal ini diungkapkan Kepala Inovasi Ducati, Perluigi Zampieri dalam sebuah pernyataan yang dikutip Indianautoblog, Sabtu (16/2). Ia menyebut banyak kendala saat membangun sepeda motor listrik Ducati. Namun pengembangan dan penelitian terus dilakukan untuk mewujudkannya.

“Ducati memang menghadapi beberapa tantangan dalam pegembangan sepeda motor listrik. Namun Ducati tidak jauh lagi dari seri produksi sepeda motor listrik meskipun hingga saat ini, timeline untuk perngenalannya kepda publik belum ditentukan,” kata Zampieri dalam beberapa wawancara dengan media internasional.

Pihak Ducati tidak membocorkan bagaimana model yang akan mereka gunakan sevagai basis pengembangan motor listrik mereka, tetapi dari beberapa foto yang beredar motor Ducati listrik ini memang benar-benar menggunakan format baru yang sangat futuristik dan moderen walaupun terlihat minimalis.

Terkenal sebagai salah satu merek sepeda motor sporty di dunia, motor listrik ini benar-benar kenta dengan Ilaian Desaign yang yang sangat menggugah selerah para penyuka motor sport dengan tangki besar, yang semaki lancip kebelakang mirip buntut tawon.

Motor listrik Ducati pertama ini akan mendapat sebutan Ducati Zero yang sepenuhnya menggunakan mesin listrik yang digerakan oleh baterai berpower besar sebagai sumber tenaga yang diracik sedemikian rupa untuk tetap mempertahankan kemampuan akselerasinya yang cepat dan spontan ala Ducati.

Dengan komitmen yang tinggi Ducati kemungkinan akan menjadi brand kedua setelah Harley-Daviidson yang akan memroduksi motor listrik. Inovasi yang dibawa oleh Harley dan Ducati akan menjadi pelecut bagi merek motor lain untuk memulai pengembangannya secara serius dan tidak berhenti saja sampai pada prototipe.

Menariknya dalam pegembangan model motor listrik Zero, pihak Ducati melibatkan Sekolah Politeknik Desain Milan mulai dari pengembangan konsep motor hingga model final desain yang mengakomodir kesan moderen motor masa kinidan art dalam membangun produk spesial ini.

Proyek ini meupakan komitmen Ducati, bersama dengan Audi dan Ford, dalam menghadirkan teknologi komunikasi mobil-ke-sepeda di Consumer Electronics Show di Las Vegas. Motor listrik ini merupakan bagian penting dari strategi “Safety Road Map 2025” Ducati, yang memiliki format Vehicle-to-Vehicle (V2V), Vehicle-to-Pedestrian (V2P) dan Vehicle-to-Infrastructure (V2I), yang menujukan kematangan potensi teknologi mereka.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Ini Tampang Motor Listrik Pertama Ducati, Hasil Karya Anak Milan