JawaPos Radar

Boks CVT Berbunyi Berisik? Perhatikan Penggantian Oli Transmisi

17/09/2018, 18:43 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Boks CVT Berbunyi Berisik? Perhatikan Penggantian Oli Transmisi
Tips mengganti oli gardan motor matik. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Mengganti oli mesin motor menjadi ritual wajib pemotor agar terhindar dari berbabai masalah motor. Jika tidak dilakukan sesuai petunjuk, mogok siap menunggu Anda.

Banyak pemotor paham bahwa pelumas atau oli mesin harua diganti secara berkala di jarak penggunaan motor 2000 Km atau dua bulan sesuai mana yang lebih dahulu dari dua rentang pemakaian ini. Namun mereka kerap mengabaikan penggantian oli gardan.

Padahal fungsinya sangat penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika ini diabaikan maka sudah pasti akan merusak gear ratio. Kerusakan komponen tersebut ditandai munculnya suara bising dari dalam boks CVT.

Lalu apakah oli gardan diganti saat ada deruh dari dalam boks CVT atau memiliki durasi waktu pergantian sendiri? Hariyanto, Senior Menchanic, Shop&bike Ciledug, Tangerang mengungkapkan sebenarnya tak ada waktu penggantian oli gardan yang pasti. Namun disarankan untuk menggantinya bersamaan dengan pergantian kedua oli mesin.

 “Jadi kalau oli mesin gantinya 2 ribu kilometer, maka oli gardan cukup di 4000 kilometer. Yang harus diperhatikan adalah jangan asal ganti oli mesin atau oli gardan asal-asalan, tetapi kita juga lihat spek di mesin motor kita,” kata Hari pada JawaPos, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, pemotor harus benar-benar memperhatikan waktu penggantian kedua oli ini agar mesin dan transmisi motor tetap terpelihara dengan baik. Saat komponen gir transmisi rusak, bakal timbul suara kasar, karena kekentalan oli sudah berkurang dan gesekan akan terjadi antar komponen.

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, pemotor harus siap-siap menguras kantongnya karena biaya perbaikan transmisi motor matik biasanya cukup mahal. Karena itu ia menyarankan agar pemotor disiplin dengan waktu pergantian oli mesin dan gardan karena dengan demikian suara motor akan tetap halus dan tarikannya akan tetap enteng.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up