alexametrics

Honda Fireblade CBR1000RR 2019 Adopsi Teknologi VVT Mobil

17 Januari 2019, 15:44:23 WIB

JawaPos.com – Honda Motor siap mengaplikasikan teknologi Variable Valve Timing (VVT) sebagai bagian dari upaya pabrikan motor ini menekan konsumsi bahan bakar motor yang diproduksinya lebih efisien. Inovasi ini rencananya akan dipatenkan di lembaga kekayaan intelektual Amerika yang telah diajukan pada 3 Januari 2019.

Teknologi VVT ini akan diaplikasikan pada generasi berikut motor-motor sport Honda yang memiliki mesin bongsor, termasuk Honda Fireblade CBR1000RR yang akan hadir pada 2019 ini. Aplikasi VVT ini bertujuan untuk memastikan motor anyarnya lolos seleksi uji emisi Euro-V.

Inovasi teknologi VVT untuk motor ini mamng terlihat seperti teknologi yang di pasar. Nantinya sistem mesin Honda baru akan menggunakan peralatan operasi katup variabel, dimana Engine yang dilengkapi mekanisme cam-switching yang akan mengatur dengan maksimal operasi katup.

Secara sederhana VVT ini akan menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) agar menyesuaikan volume udara, posisi throttle dan temperatur bahan bakar dalam pembakaran.

Indianautoblog, Rabu (15/1) meyebutkan sistem VVT pada mesin empat silinder segaris akan membuat Honda CBR1000RR nantinya akan lebih efisien dan sesuai dengan pemberlakukan Euro-V di negara-negara maju.

Honda meyakini VVT ini akan menjadi sebuah kebutuhan baru untuk dunia sepeda motor yang sebelumnya telah mereka terapkan pada mobil-mobil Honda yang lebih dikenal dengan Valve Timing and Lift Electronic Control (VTEC), yakni sistem variable pengontrolan katup yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif Honda untuk mesin bensin.

Kemungkinan besar teknologi VVT yang telah dipatenkan ini akan digunakan untuk model Honda Fireblade CBR1000RR yang dibekali mesin 999cc, in-line-four yang memiliki power maksimum 189 hp pada 13.000 rpm dan torsi puncak 114 Nm pada 11.000 rpm.

Sistem ini sebenarnya telah dikembangkan dan diterapkan pada motor Ducati berkinerja tinggi seperi Panigale dan model model sport bike Yamaha dan BMW terbaru. Aplikasi teknologi ini menjadi keharusan bagi semua pemain motor besar untuk mencapai kebijakan emisi Euro V.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Honda Fireblade CBR1000RR 2019 Adopsi Teknologi VVT Mobil