JawaPos Radar | Iklan Jitu

Peduli Keselamatan Pengemudi, Hino Bangun Simulator

16 November 2018, 10:51:56 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Peduli Keselamatan Pengemudi, Hino Bangun Simulator
Sumulator Hino dibuat sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) peduki terhadap keselamatan pengemudi. Untuk itu, mereka membangun dan simulator truk dan bus secara real untuk memberikan pengalaman berkendara aman dan selamat bagi para driver yang mengikuti pelatihan di Gedung Pusat Purna Jual dan Pelatihan HMSI, Jatake, Tangerang.

Bentuk simulator truk dan bus Hino ini, sangat real dengan menggunakan kepala truk Hino Ranger dilengkapi dengan sebuah layar berukuran besar didepannya sebagai area visual jalan raya berbagai kota dengan pilihan model halan on-road dan off-road.

Operator Simulator Truk dan Bus Hino, Yayan mengungkapkan tujaun Hino membangun simulator besar ini untuk melatih para driver truk dari berbagai perusahaan agar mereka lebih terampil mengendarai truk dan bus.

Peduli Keselamatan Pengemudi, Hino Bangun Simulator
Simulator truk dan bus Hino berikan pengalaman berkendara aman bagi para sopir angkutan. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

"Experience yang diberikan melalui simulator minimal seperti real kondisi jalan dan lalu lintas di Indonesia yang divisualisasikan ke bentuk 3D, sehingga sopir benar-benar dituntut memenuhi standar safety driving yang akan dinilai oleh mentornya," kata Yayan berbincang dengan JawaPos.com.

Poin-poin yang dinilai dalam uji coba melalui simulator Hino ini antara lain batas kecepatan saat mengangkut barang atau penumpang, batas ukuran rpm truk, cara pengereman yang aman, hingga bagaimana menghadapi kondisi jalan yang berbeda-beda konturnya.

"Disini pengalaman diver yang kita coba. Sopir-sopir memang sudah biasa di jalan. Tapi mereka di sini akan ditraining untuk menjadi lebih baik. Misalnya penggunaan kopling atau pergantian speed diatur dengan batasan tertentu  yang dilai. Ada batas ukuransampai rpm sekian, Jadi saat penilaian, ketahuan kalau orangnya seperti apa dan perilaku berkendaranya bagaimana," sambung Yayan.

Simulator Hino ini sangat memadai secara teknologi karena koneksi truk dan layar sangat real dengan dukungan berbagai komputer, micro controler,  cip sensor untuk mengatur pergerakan stir perseling, rem kopling diposisikan seperti kendaraan Hino asli.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up