alexametrics

Aston Martin DB Zagato Uzur Dibanderol Rp 185 M

16 Maret 2019, 18:48:51 WIB

JawaPos.com – DB Zagato memang tidak populer di zamannya. Mobil itu tampil perdana pada Oktober 1960 di London Motor Show tapi tidak begitu mendapatkan sambutan. Saat pertama kali diperkenalkan mobil ini menggunakan mesin 3.6 liter dengan power 240 tenaga kuda

Mesin besar pada zamannya membuat DB Zagato termasuk mobil terkencang saat itu. Dari beberapa ulasan, ia memang dibuat Aston Martin untuk bersaing dengan mobil kencang dari negara Eropa lainnya. Zagato saat itu didukung dengan bobot ringan dan jarak sumbu roda yang lebih rendah sehingga sangat mendukung akselerasinya.

Motorioius, Rabu (13/3) mengungkapkan dari data pabrikan tubuh aerodinamis dengan bobot yang rata-rata lebih redah 100 pound karena menggunakan bahan alumunium bukan baja. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan kelas mobil lainnya membuatnya mampu meluncur dengan gesit. kombinasi ini membuatnya mampu melesat dari 0 ke 100 km hanya dalam waktu 6,1 detik.

Semua kelebihan pada mobil jadul ini yang membuatnya menjadi ikon dan kini banyak diincar oleh banyak pihak termasuk kolektor-kolektor terkenal dunia. Selain kelebihannya sebagai mobil cepat, DB Zagato juga lahir sebagai mobil limited edition, ia hanya diproduksi 25 unit hingga tahun 1963.

Pada tahun 1988 Aston Martin DB Zagato mengalami transformasi dengan menyetujui penggunaan empat nomor sasis yang ditingkatkan menjadi spesifikasi GT yang dikirim sebagai mobil khusus yang dirancang dengan ikon bodywork baru yang membuatnya lebih moderen.

Keunikan dan kelebihan yang dibawanya membuat mobil ini menjadi incaran dengan harga yang fantastis. Kabarnya Aston Martin DB4 Zagato orisinil akan dilepas dalam sebuah lelang Goodwood Bonhams dengan harga lebih dari USD 13 juta atau setara dengan Rp 185,1 miliar.

Kelangkaan mobil ini membuat Aston Martin DB Zagato sangat populer dikalangan pecinta mobil klasik. Untuk itu, saat ini Zagato yang sangat langkah sangat mendapat perhatian dari banyak pihak.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Aston Martin DB Zagato Uzur Dibanderol Rp 185 M