JawaPos Radar | Iklan Jitu

Castrol Asia Pasific Super Mechanic Contest

Aturan Semakin Ketat, Tim Indonesia Pede Bisa Menang

15 November 2018, 06:40:59 WIB | Editor: Dida Tenola
Castrol Asia Pasific Super Mechanic Contest
Tim Indonesia yang akan berlaga pada Castrol Asia Pasific Super Mechanic Contest hari ini. (Ariski Prasetyo Hadi/ Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com- Castrol Super Mechanic Contest Bikes Asia Pacific 2018 bakal berlangsung hari ini (15/11). Kemarin (14/11), para peserta sudah dikumpulkan untuk mendengarkan teknis perlombaan. Berbeda dari tahun sebelumnya, aturan kontes adu cepat bongkar pasang motor itu semakin ketat.

Salah satu anggota tim Indonesia Mualim memaparkan, lomba terdiri dari tiga babak. Pertama peserta akan menjawab soal teori. Dalam fase tersebut, panitia akan menilai kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal.

Tim terbaik bakal melenggang ke tahap selanjutnya. Yaitu praktik. Mualim mengatakan, panitia menyediakan satu motor. Nah, setiap kontestan diminta menyervis kendaraan roda dua itu. Mulai dari ganti ban dalam, ganti kampas rem, hingga ganti oli. "Harus cepat," ujarnya kepada Jawa Pos di Bangkok, Thailand.

Namun, tidak asal cepat. Tim diharuskan mentaati aturan. Misalnya, ketika harus menggunakan sepatu safety dan kaos tangan ketika bekerja. Ketika mengganti oli harus bersih. "Tidak boleh ada ceceran oli di lantai. Kalau ada bekas tumpahan oli kena penalti," terangnya.

Peserta dengan nilai terbaik berhak melanjutkan ke babak selanjutnya. Tahap ketiga yaitu menghidupkan motor yang rusak. Salah satu anggota tim Indonesia lainnya, Hari Wijaya menjelaskan, panitia memberikan sebuah motor yang rusak. Kondisi mesinya tidak bisa dihidupkan. "Harus dibenahi sampai bisa jalan," ucap pemilik bengkel Nusantara Motor itu.

Merk motor yang diujikan yaitu Yamaha Fino 125 CC. Hari mengatakan, tim sudah berlatih menangani kerusakan berbagai macam merk motor. "Kami optimistis menang," katanya.

(aph/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up