JawaPos Radar

UD Telematics: Teknologi Cek Kondisi Truk Jarak Jauh dan Real Time

15/07/2018, 19:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
UD Telematics: Teknologi Cek Kondisi Truk Jarak Jauh dan Real Time
UD Telematics (Kokoh Praba Wardani)
Share this image

JawaPos.com – “Umumnya, pengusaha kargo masih menerapkan sistem bisnis tradisional. Mereka terpaku kepada perolehan keuntungan jangka pendek. Tidak memperhitungkan investasi jangka panjang,” tutur Winarto Martono, Chief Operation Officer ASTRA international UD Trucks Sales Operation.

UD Trucks melirik fakta tersebut sebagai sebuah peluang. Perusahaan ini berupaya merombak pola pikir pelanggan yang awalnya masih menerapkan manajemen tradisional menjadi manajemen modern. Sehingga dapat memiliki efisiensi keuangan yang lebih baik

Melalui sebuah trobosan teknologi, UD Trucks menyuguhkan solusi manajemen yang efisien. Teknologi tersebut yaitu UD Telematics.

UD Telematics adalah GPS pintar. Dilengkapi sistem yang dapat memonitor kondisi truk secara real time. Sehingga hondisi kendaran bisa dipastikan. Perangkat ini merekam kondisi BBM dan cara mengemudi sopir.

“Memastikan pengemudi tidak sering menggunakan transmisi rendah sehingga kendaraan mengalami over rpm, dan terlalu kerap main pedal gas,” papart Winarto dalam acara Check & Drive yang di selenggarakan di kantor Cabang di Palembang, Sumatera Selatan.

Dengan kata lain UD Telematics mampu memetakan skill pengemudi. Sehingga dapat dilakukan evaluasi training driver. Tujuan akhirnya yaitu efisiensi BBM. Sebab, sekitar 45 -50 persen biaya produksi dialokasikan untuk pengadaan BBM.

Lantas bagaimana cara kerja perangkat tersebut? Setiap truk yang dioperasikan dipasangi SIM dan TGW. Seluruh informasi terkit perilaku pengemudi melalui SIM card dikirim via GPS ke jaringan ponsel berbasis GSM dengan jaringan GPRS.

Data kemudian dikirim menuju server UD Truck. Berikutnya, data ditransmisikan kepada pemilik truck. UD Telematics Services memiliki empat fitur utama yaitu track and tracefuel loss alert, fuel utilisation dan UD Proactive Support.

Loss Alert

Berbekal Fitur fuel loss alert, pemilik truk bisa mengetahui tempat dan waktu terjadinya pengurangan BBM, jumlah bahan bakar yang berkurang dan yang tersisa. Perangkat ini bisa mengetahui jika supir melakukan kecurangan. Yaitu mencuri BBM di tengah perjalanan.

UD Proactive Support

Dengan fitur ini, rencana servis kendaraan selalu diperbarui dan memastikan truk memperoleh perawatan terbaik pada saat yang tepat.

Kontrol Biaya Pengeluaran

Layanan Telematics ini juga diklaim mampu mengontrol biaya pengeluaran bahan bakar, meningkatkan produktivitas pengemudi, memantau armada dan pengemudi, mengurangi pekerjaan yang bersifat administratif, dan mendukung peningkatan kualitas pengemudi.

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up