JawaPos Radar

Mobil-mobil Legendaris Ini Dibangun dengan Mesin Motor

14/10/2018, 16:19 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Mobil-mobil Legendaris Ini Dibangun dengan Mesin Motor
Cooper 500, mobil balap pengembangan dari moto (Dok.Autoevolution)
Share this

JawaPos.com – Inovasi di sektor otomotif sebenarnya telah memberikan banyak kejutan dalam menghasilkan sebuah produk. Hal ini bisa terlihat dalam beberapa produk mobil yang pernah lahir justru dengan menggunakan mesin motor.

Terobosan ini bahkan dilakukan oleh beberapa merek raksasa otomotif yang cukup menyita perhatian insan otomotif dunia karena mengkonversi mesin motor dalam sebuah sasis yang lebih besar untuk dijadikan mobil keren.

Berikut tiga mobil keren yang pernah dibuat dengan mesin motor.

Mobil-mobil Legendaris Ini Dibangun dengan Mesin Motor
Keterangan Foto : Tampang Iso Isseta, mobil dengan mesin motor asal Italia (Dok. Autoevolution)

Pertama, Iso Isetta 1953 dan BMW 600 merupakan sebuah mobil asal Italia yang dibangun oleh produsen skuter Italia bernama Iso SpA. Mobil ini kemudian dikenal dengan nama BMW Isetta, setelah BMW membeli lisensi produksi Isetta dari pemilik Iso SpA.

Nama Isetta sendiri memiliki makna kecil dan efisien. Konsep ini menarik BMW sehingga berani mengambilnya dan menjadikan Isetta sebagai salah satu produk tersohor pada tahun 1955.

Dilansir dari Carscoops, (11/10) Isseta saat itu, menggendong mesin berkapasitas 236 cc model split single, 2 tak. Mesin tersebut bertenaga 9,5 hp dengan transmisi 4 percepatan maju dan satu mundur.

Setelah ada ditangan BMW, Isseta terus dikembangkan hingga menjadi BMW 600, dengan mendesain ulang kendaraan dengan versi mesin sepeda motor yang lebih besar menjadi mobil empat roda, empat pintu, dan empat tempat duduk.

Kedua, Honda N600 adalah sebuah motor menjadi kei car yang diproduksi pada tahun 1967 yang kemudian dijual ke pasar Amerika dan Eropa pada tahun 1972. Mobil mungil ini sangat unik dan keren pada masanya karena dibangun dari mesi motor.

Mobil ini sebenarnya dibangun dari mesin motor dua silinder 600 sentimeter segaris berkapasitas 360cc yang berasal dari sepeda motor Honda CB450. Ia saat itu sudah menggunakan teknologi berpendingin cairan yang mencapai 9.000 rpm dan dapat melaju dengan kecepatan 130 Km/jam.

Pada perkembangan selanjutnya, setelah diperkenalkan di pasar Amerika, Honda menggantikan nama mobil N600 menjadi Civic pertama kalinya, yang kemudian dikembangan hingga saat ini menjadi salah satu sedannya yang paling populer.

Ketiga, mobil balap Cooper 500. Mobil ini beroda tiga dan dibangun oleh sebuah perusahaan mobil mungil bernama Surrey. Awalnya mesinnya berasal dari motor JAP satu silinder 500 sentimeter kubik.

JAP sendiri adalah nama pembuatnya J.A. Prestwich. Karyanya ini juga kemudian dipakai oleh beberapa perusahaan otomotif ternama seperti Morgan Motor Company, Reliant, dan beberapa pembuat mobil lainnya.

Cooper 500 mengubah wajah motorsport seperti yang dikenal memiliki mesin yang dipasang di tengah, tepat di belakang pengemudi. Solusi teknis ini dipilih untuk menyesuaikan drive rantai mesin sepeda motor dan transmisi yang terkait.

Mobil-mobil Cooper mendominasi kategori F3, sebuah ajang balap mobil tersohor pada era 1959 dari Kejuaraan Dunia Formula saat itu. Pada musim 1960 mobil ini melakukan konfigurasi mesin untuk berlaga di arena sport yang lebih besar.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up