JawaPos Radar

Truk Pengangkut Bawang Merah Tampil ala Transformer

14/09/2018, 20:08 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Truk Pengangkut Bawang Merah Tampil ala Transformer
Muhammad Afanulumi bersamma truk modifikasinya. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Truk pengangkut Bawang merah kupas tampil keren dengan sentuhan modifikasi out of the box. Truk Mitsubishi Cold Diesel, berkepala kuning yang biasa-bisa saja bisa tampil ala truk dalam film Transformer.

Adalah Muhammad Afanulumi, pemilik truk berkelir merah ini yang memberikan warna berbeda pada truknya sehingga tampil lebih keren dan menggoda. Mendapat ide dari truk-truk yang menjadi aktor dalam film Transformer, membuat pria 29 tahun itu, berani menuangkan ide modifikasi pada truk kesayangannya.

“Ini truk kesayangan saya. Sehari-hari biasa ngangkut Bawang merah kupas. Karena bisa jalan jauh hingga keliling Jawa, saya pikir ini mobil di apain ya? Biar tidak bosanin. Akhirnya karena suka dengan film Transformer, saya lalu ingin truknya menjadi seperti itu,” kata Afanulumi saat berbincang denga JawaPos.com di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Truk Pengangkut Bawang Merah Tampil ala Transformer
Hampir semua bagian kendaraan mendapatkan transformasi sehingga membuatnya tampil out of the box.. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

Secara visual truk pengengkut Bawang merah ini memang tampil diluar ekepektasi banyak orang. Hampir semua bagian kendaraan mendapatkan transformasi sehingga membuatnya tampil out of the box.

Perubahannya pada sisi eksterior meliputi penggantian lampu aftermarket, spoiler depan dan belakang, hingga penutup bak yang dibuat khusus. Spoiler dan bumper bagian belakang bahkan menggunakn All New Pajero Sport.

Melongok ke bagian interior ada penambahan balutan kulit pada bagian jok serta modifikisi audio dengan tambahan spreaker dan mono block merek Pionner yang membuat kualitas suara kabin kepala kuning mirip mobil premium.

Pria berusia 30 tahun ini menyebutkan garapan, truk ala Transformer ini digarap kurang lebih dua sampai empat bulan oleh karoseri Irsyad Putra (Ip}. “Jadi pengerjaannya dua sampai empat bulan dan saya hanya berikan ide. Tetapi semuanya digarap penuh karoseri Irsyad Putra. Saya terima jadi,” ujarnya berbagi cerita.

Truk dengan nama Si Bawang Merah ini awalnya memang hanya sebuah keisengan. Namun lama kelamaan banyak yang melihatnya punua potensi untuk diikutsertakan dalam kontes modifikasi truk. Akhirnya truk ini ikut dalam ajang Jogjakarta Truck Festival (JTF) 2018 dan berhasi merebut juara ke tiga dikategoti truk elegan.

Setelah mengantongi juara, Afanulumi mulai berpikir untuk aktif dalam setiap kontes modifikasi truk. Untuk itu porsi angkutan truk ini akan dikurangi karena lebih dipersiapkan untuk kontes bila ada lagi kontes di daerah lain.

“Kayanya setelah ini memang dia bawa muatan secukupnya. Biar lebih siap kalau ada kontes. Biar saat didandani lagi tidak banyak-banyak,” tukasnya.

Ia mengaku untuk mendapatkan tampilan ciamik Si Bawang Merah, ia telah menghabiskan dana kurang lebih Rp 120 sampai Rp 130 juta. Ke depan ia ingin agar truk kesayangannya ini bisa meraih lebih banyak lagi penghargaan. 

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up