JawaPos Radar | Iklan Jitu

Toyota Bakal Kirim Mobil SUV ke Bulan

14 Maret 2019, 10:04:35 WIB
Toyota Bakal Kirim Mobil SUV ke Bulan
Penampakan prototipe mobil SUV rancangan Toyota yang akan dikirim ke Bulan. (dok.Autoevolution)
Share this

JawaPos.com - Toyota, produsen mobil Jepang bakal membuat inovasi besar dalam industrinya. Mereka tidak sekadar membuat teknologi terbaru pada bisnisnya. Ke depan Toyota akan mengirim mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ke bulan.

Upaya pengiriman itu bagian dari kerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Agensi dan produsen mobil itu tengah menyiapkan pengembangan SUV yang diperuntukkan bagi tim penjelajah di bulan sebagai kendaraan taktis.

Dikutip dari Autoevolution, kabarnya mobil itu akan didukung dengan mesin yang telah disesuaikan untuk beberapa jenis bahan bakar. Mulai dari solar sel dan panel surya. Mobil itu memiliki kemampuan jelajah 10 ribu kilometer yang akan menampung dua penumpang.

SUV Toyota ke bulan itu nantinya memiliki dimensi panjang 6 meter dan tinggi 2,8 meter. Hal itu tentunya akan menjadikan produksi Toyota ini menjadi SUV rakasasa. Dengan dimensi demikian membuat mobil itu memiliki luas kabin 13 meter. Tentunyamemberikan ruang gerak yang sangat luas untuk astronot.

Sementara itu untuk fiturnya, mobil penjelajah itu dilengkapi dengan fitur khusus. Fitur itu lebih membantu astronot supaya tidak perlu memakai pakaian ala astronot ketika berada di dalam mobil. Sebab di dalam mobil itu sudah terdapat oksigen yang cukup. "Mereka hanya menggunakan pakaian antariksa ketika keluar dari mobil," ujar Akio Toyoda, presiden Toyota.

Lebih jauh Toyoda menuturkan, mobil penjelajah untuk di bulan juga dibekali dengan sitem otonom dan sistem manual. Pada kondisi tertentu mobil itu harus dikendalikan oleh pengemudi. Di sisi lain bisa berjalan sendiri secara otomatis.

Beberapa foto menunjukan bahwa mobil ini memiliki tampang gahar dan tangguh. Saat ini pengembangan segera dimulai. Toyota dan tim telah memproyeksikan pengerjaan mobil ini selama kurang lebih 10 tahun. Diperkirakan mobil itu akan didaratkan di Bulan pada 2029 mendatang.

Toyoda mengklaim mobil itu akan menjadi kendaraan pertama luar angkasa yang dibuat oleh produsen mobil. Langkahnya itu akan memberikan sebuah transformasi besar dalam industri otomotif.

"Saya percaya bahwa industri kami akan berhasil karena terus berpikir dan mengembangkan teknologi baru. berbagai aspirasi berhubungan dengan eksplorasi luar angkasa telah dipelajari dan kini saatnya membuat kendaraan untuk eksplorasi benda-benda luar angkasa," ungkap Toyoda.

Pihak Toyota merasa sangat senang dengan pengembangan SUV luar angkasa mereka dan berharap mobil ini dapat dibangun secara maksimal baik dari sisi daya tahan, teknologi pendukung dan penggunaan bahan bakar sel yang akan menjadi bahan bakar utama untuk mobil ini.

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini