JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bose Luncurkan QuietComfort Bikin Kabin Mobil Kian Senyap

14 Januari 2019, 17:43:04 WIB
Bose Luncurkan QuietComfort Bikin Kabin Mobil Kian Senyap
Bose QuietComfort penyaring suara bising untuk mobil (Carscoops.)
Share this

JawaPos.com - Menjawab kebutuhan kenyamanan konsumen, produsen alat audio asal Amerika Bose meluncurkan teknologi QuietComfort Road Noise Control untuk produsen kendaraan global.

Perusahaan ini telah menggunakan keahlian headphone-nya untuk mengembangkan versi teknologi yang bisa diaplikasi pada industri otomotif untuk mengurangi kebisingan suara yang tidak diinginkan dalam kabin kendaraan.

Teknologi yang mereka sebut Bose QuiteComfort Road Noise Control ini, disebutkan Carscoops, Minggu (13/1) menggunakan akselerator, mikrofon, dan perangkat lunak yang mampu pemrosesan sinyal, dan sistem audio kendaraan untuk mengontrol suara yang tidak diinginkan. Nantinya akselerator diletakan pada beberapa bagian kendaraan sehingga memicu algoritma Bose yang mendeteksi getaran yang menimbulkan kebisingan. 

Informasi yang dikumpulkan kemudian dihitung untuk membuat sinyal pembatalan akustik tertentu yang dikirimkan melalui speaker kendaraan untuk meminimalkan kebisingan. Mikrofon kemudian digunakan untuk memantau residu kebisingan yang diproses secara cepat untuk menyesuaikan levelnya saat kebisingan jalan berubah.

Bentuk Bose QuiteComfort menawarkan Engine Harmonic Pembatalan dan sistem Harmonic Enhancement Engine untuk mengurangi dan mengubah suara mesin kendaraan sehingga lebih smooth di telinga. 

Otoritas Bose mengungkapkan saat ini mereka terus mengembangkan QuiteComfort  yang nantinya dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan. Saat ini produk yang telah tersedia adalah sistem QuiteComfort dan nantinya mereka akan mengambangkan unit QuiteComfort RNC yang lebih canggih yang akan diletakan pada 6 titik kabin mobil untuk menyerap bunyi dari luar.

Pengembangan  QuiteComfort RNC masih terus dilakukan untuk mendapatkan proses penyaringan bunyi atau suara yang sempurna. Kabarnya produk yang ditujukan untuk kesenyapan kendaraan ini akan hadir pada 2021 mendatang.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini