JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pertama di Dunia, Mustang Klasik Jadi Mobil Listrik

13 Desember 2018, 13:31:43 WIB
Pertama di Dunia, Mustang Klasik Jadi Mobil Listrik
Ford fastback 1967 Mustang generasi pertama menjadi mobil listrik. (Carscoops.)
Share this

JawaPos.com - Mobil klasik ikonik jadi opsi menarik dikembangkan menjadi mobil listrik. Memang belum ada batasan jelas apakah sebuah mobil klasik dengan brand berbeda bisa dikembangkan menjadi mobil listrik oleh startup atau tidak. Namun beberapa startup menganggap inovasi tersebut tak ada salahnya.

Benar saja yang dilakukan oleh startup bernama Aviar Motors asal Rusia yang mengambangkan Ford fastback 1967 Mustang generasi pertama menjadi mobil listrik. Proyek ambisius ini merupakan sebuah karya pertama Aviar yang menjadikan Mustang sebagai bahan pembangunan mobil listriknya.

Carscoops, Senin (10/12) melaporkan Aviar Motors membangun kembali Mustang dengan sasis alumunium dan mengaplikasikan bodywork serat karbon. Tampilan desainnya tidak berubah hanya saja ada beberapa elemen moderen yang disematkan padanya seperti lampu depan dan belakang yang menggunakan LED, pegangan pintu retractable dan roda alloy tempa 20 inci.

Perubahan pada sisi lain adalah spoiler belakang yang muncul secara otomatis pada kecepatan di atas 120 km per jam atau saat mobil menggunakan mode pengendaraan sport dan race. Pada diffuser belakang diracik sedemikian rupa sehingga  aliran udara dapat mengurangi tekanan di bawah mobil. 

Desainnya pun lebih mengutamakan aerodinamika mobil pada bagian bawah bodi mobil yang didukung suspensi udara yang secara otomatis dapat menaikkan dan menurunkan ketinggian mobil dalam kecepatan tertentu dengan hanya menekan tombol yang terkoneksi dengan komponen tersebut.

Masuk ke bagian interior Mustang yang disebut R67 ini, desainnya lebih mengacu pada mobil masa depan layaknya Tesla daripada Ford, karena dilengkapi dengan fitur layar sentuh 17 inci yang mengendalikan sebagian besar fungsi mobil dari dashboardnya. Ada juga panel instrumen digital, ventilasi bergaya turbin yang tampaknya diambil langsung dari model E-Class Coupé

Semua fasilitas ini diharapkan mobil abad ke-21 ini, benar-benar menjadi mobil listrik masa depan dengan fitur yang disematkan padanya, sampau pada pengontrol iklim otomatis zona ganda, 12-way power adjustable, kursi dengan pemanas, kamera cadangan, panoramic sunroof, keyless entry, dan pencahayaan ambien.

Mustang R67 all-wheel-drive ini didukung oleh dua motor listrik yang menghasilkan total 840 daya kuda dan 966 Nm. Aviar mengatakan Mustang listrik mampu melesat dari 0-100 km per jam dalam 2,2 detik. Kecepatan maksimum secara elektronik terbatas pada 250 km per jam.

Jarak tempunya diklaim Aviat cukup spektakuler, karena dapat mencapai 507 km (315 mil) dengan support baterai 100 kWh. Aviar mengklaim R67 adalah mobil listrik  paling berotot pertama di dunia. Sebagai kendaraan dengan power besar sejak awal, sistem suara eksternal dari exhaust yang diproduksi mensimulasikan suara mesin khas Shelby GT500 yang legendaris.

 

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up