JawaPos Radar | Iklan Jitu

microSNAP, Mobil Cerdas dari Swiss, Bisa Bicara dengan Manusia

13 Desember 2018, 10:08:28 WIB
microSNAP, Mobil Cerdas dari Swiss, Bisa Bicara dengan Manusia
microSNAP, mobil masa depan yang bisa bicara dengan manusia. (Carscoops.)
Share this

JawaPos.com - Kemajuan teknologi otomotif didukung keinginan bersama menghasilkan kendaraan ramah lingkungan disambut baik berbagai produsen mobil. Hal ini membawa mereka melakukan inovasi tinggi. Menciptakan produk terbaiknya menjaring pasar mobil listrik.

Banyak mobil listrik yang kemudian lahir setelah Tesla dibawa Elon Musk membuka keran tersebut. Setelah banyak brand ikut melakukannya, kini salah satu produsen mobil asal Swiss bernama Rinspeed ikut mengejutkan publik dengan meracik mobil  konsep microSNAP yang sangat inovatif.

Carscoops, Sabtu (8/12) mengungkapkan microSNAP merupakan hasil pengembangan konsep SNAP berupa mobil modular yang terbagi menjadi dua komponen, yang bisa dilepas-pasang demi menyesuaikan kebutuhan penumpang. Kabin milik Snap sejatinya duduk di atas skateboard elektrik raksasa yang mengemas sistem kemudi otomatis.

microSNAP, Mobil Cerdas dari Swiss, Bisa Bicara dengan Manusia
Tampang futuriskan mobil masa depan microSNAP, asal Swiss. (Carscoops.)

Model ini memiliki dimensi yang sama dengan Renault Twizy dan merupakan kendaraan listrik otonom yang telah dirancang untuk mengangkut barang dan orang. 

Seperti konsep SNAP sebelumnya, microSNAP menggunakan sasi yang terpisah seperti polong yang berbeda, yang kemudian kabinnya dengan daya angkut dua orang atau lebih disatukan dengan sasis.

Karena microSNAP terdiri dari dua komponen berbeda bagian pod bisa ditukar sesuai dengan permintaan yang membuat interior mobil bisa berbeda-beda, tetap baru dan nyaman bagi penggunanya.

Mobil mungil otonom ini dirancang oleh 4erC dan telah dilengkapi dengan lampu LED mikro-pixel dan pengaturan serba digital. Model ini juga memiliki lampu eksterior yang bisa berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya.

Pod ini juga menawarkan jok kulit dan rajutan kain serta layar LED melengkung 49 inci untuk tujuan hiburan. Berbicara tentang hiburan, pod memiliki dua zona suara terpisah sehingga penumpang dapat mendengarkan musik atau program hiburan mereka sendiri tanpa mengganggu yang lain.

Fitur paling mengagumkan adalah penempatan sensor canggih pada tubuhnya sehingga microSNAP akan mengenali penumpang dan akan segera mempersonalisasi kendaraan untuk mencocokkan preferensi mereka. Pihak Rinspeed menyebutkan  aplikasi teknologi ini memungkinkan ia seperti kendaraan pribadi bagi semua orang.

Pengguna juga dapat mengoperasikan fitur lain yang membuatnya bisa berkomunikasi atau berbicara dengan penumpang. Ia juga memiliki asisten suara populer dari Alexa, Cortana dan Siri seperti apps yang ada.Mobil pod ini bukan khayalan semata karena Rinspeed ingin memasukkan microSNAP ke dalam lini produksi dan perusahaan sedang giat berbicara dengan investor menghadirkannya di jalan berbagai kota di dunia.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini