JawaPos Radar | Iklan Jitu

Skoda SBC: Mobil Uzur Berusia 110 Tahun Dirias Kembali

13 November 2018, 10:17:46 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Skoda SBC: Mobil Uzur Berusia 110 Tahun Dirias Kembali
Mobil klasik Skoda BSC yang hidup dari awal tahun 1900-an. (Dok. Mobil1)
Share this

JawaPos.com - Mobil klasik milik perusahaan otomotif asal Ceko direstorasi setelah 110 tahun menjadi ikon di dunia otomotif. Mobil tersebut adalah Skoda SBC yang diproduksi pada awal tahun 1900-an.

Skoda BSC adalah salah satu  mobil pertama Skoda. Popularitasnya melebihi saudaranya, yaitu Voiturette A mobil pertama racikan pendiri Skoda Václav Laurin dan Václav Klement yang dibuat pada tahun 1908.

Dikutip Mobil1, Senin (12/11), Skoda BSC menjadi mobil klasik paling sporty dan ikonik karena dibuat lebih gempal dari model klasik yang pernah ada dan termasuk model terbatas. Skoda BSC hanya diproduksi sebanyak 12 unit.

Skoda SBC: Mobil Uzur Berusia 110 Tahun Dirias Kembali
Skoda SBC cermin mobil berteknologi tinggi pada masanya. (Dok. Mobil1)

Skoda BSC istimewa karena saat itu dijual dengan racikan yang lebih moderen. Dibangun di atas sasis jalan raya sebagai kendaraan bertubuh lengkap. Dibalut desain klasik unik, sehingga saat itu ia menjadi  mobil idola.

Mobil ipbuah tangan pendiri Skoda Laurin & Klement itu tampil mengesankan dengan mesin inline two berpower 12 hp, berpendingin udara. Berbekal mesin seperti itu pada masanya menggambarkan bahwa kemajuan pesat dunia otomotif sudah terjadi pada awal tahun 1900-an. 

Perjalanannya yang panjang dengan berbagai torehan membuat Skoda SBC sangat berharga tidak hanya bagi Skoda tetapi dunia otomotif secara lebih luas. Sehingga pemeliharaan terhadap salah satu modelnya tetap dilakukan untuk menjaganya agar tetap lestari.

Untuk itu setelah berada dikandang Skoda selama lebih dari seratus tahun, untuk pertama kalinya Skoda BSC yang telah direstorasi akan dipamerkan di museum Mladá Boleslav, Ceko. Penampilan Skoda BSC ini dipastikan akan menerik minat banyak penggemar otomotif karena mobil ini menjadi mobil karya Laurin & Klement yang 100 persen masih orisinil.

Selain menarik karena hampir semua bagiannya masih orisinil, Skoda BSC ini meupakan barang langka dan  contoh model terakhir dari kendaraan zamannya yang masih bertahan hidup dengan kualitas yang sangat baik.

(wzk/JPC)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up