JawaPos Radar

Jaga Kualitas Oli Mesin! Hindari Musuh Pelumas dengan Cara Ini

13/09/2018, 06:59 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Jaga Kualitas Oli Mesin! Hindari Musuh Pelumas dengan Cara Ini
Jauhkan pelumas dari kontaminasi minyak, debu atau zat lainnya (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com – Pelumas atau oli mesin memiliki ‘musuh’ yang membahayakan kualitas oli yang akan berdampak pada penurunan performa oli. Untuk itu, penggunaan pelumas mesin harus dijaga sebaik mungkin agar tidak terkontaminasi dengan air, minyak, bahan bakar, dan debu.

Jika hal ini terjadi maka secara langsung akan mempengaruhi kualitas oli karena masing-masing materi itu memiliki zat masing-masing yang akan merusak zat bawaan pada pelumas atau oli. Ini disampaikan Engineering Service Manager ExxonMobil Lubricant Indonesia, Arief Kusniarto.

“Kalau ada campuran minyak, bahan bakar atau air masuk ke dalam oli itu, akan mempengaruhi kualitas oli karena mereka punya bahan kimia sendiri. Nah, kalau sampai bercampur, itu akan menurunkan kemampuan oli melumasi mesin dengan sempurna,” kata Arief saat berbincang dengan wartawan di JIExpo, Rabu (12/9)

Lebih jauh, Arief mengungkapkan biasanya oli yang telah terkontaminasi cenderung berubah pada tingkat kekentalan atau pada bentuk cairannya. Contohnya seperti oli yang kemasukan air akan berwarna putih dan berbusa karena reaksi yang dibawanya negatif terhadap zat yang terkandung dalam pelumas mesin.

“Pengaruh kontaminasi ya, pastinya merusak oli dan pastinya ini akan meningkatkan keausan dari mesin," ungkapaya.

Ia mencontohkan ketika ada kotoran oli di punggung tangan kalau dipijit pasti ada seperti pasir. Kalau digesek terus menerus maka tangan akan lecet ya seperti itu nantinya mesin. "Jadi bila oli kena campuran lain, daya lumasnya akan berkurang dan mesin perlahan bisa aus karena gesekan,” terangnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar ketika mengganti oli atau pelumas tidak ditempat terbuka, mesin harus dalam keadaan bersih, tidak dilakukan saat hujan sehingga tidak ada cairan air atau debu yang masuk bersamaan dengan oli.

“Jangan lakukan pergantian oli di tempat terbuka yang rawan debu atau saat hujan. Bersihkan mesin sebelum mengganti oli. Karena dengan perilaku seperti itu, bisa menjaga kualitas oli, menjaga mesin dari kemungkinan lecet karena percampuran oli dan bahan lain saat penggantian oli,” tukasnya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up