alexametrics

Keren! Jalani Restorasi Selama 11 Bulan, VW Karatan Berubah Kinclong

12 Desember 2018, 09:19:09 WIB

JawaPos.com – Volkwagen Beetles yang kerap disebut VW Kodok merupakan salah satu mobil ikonik raksasa otomotif Jerman yang hingga hari ini memiliki loyalis sendiri. Tak heran bila banyak orang yang memiliki VW model klasik itu berusaha agar ia tetap bisa berjalan.

Salah satu yang bisa dilakukan dengan melakukan restorasi untuk membenahi si mungil yang lincah itu. Hasilnya, terlihat dari restorasi mobil VW Beetles lansiran tahun 1966, milik Kathleen Brooks yang telah menempuh jarak 350 ribu Km selama 51 tahun.

Brooks menamai Red Beetle kesayangannya ‘Annie’. Relasi kuat yang dimiliki keduanya membuat otoritas VW di Amerika Utara memutuskan untuk merestorasi ‘Annie’ menjadi mobil klasik yang kembali memikat di tengah gempuran mobil futuristik masa depan.

Keren! Jalani Restorasi Selama 11 Bulan, VW Karatan Berubah Kinclong
Para pekerja restorasi dengan mobil hasil karya mereka (Dok.Carscoops)

Carscoops, Senin (10/12) mengungkapkan restorasi ini langsung dipegang oleh tim VW Amerika Utara karena mereka menganggap Brooks dan Annie adalah keluarga. Akhirnya pengerjaan dilakukan selama 11 bulan sehingga Red Beetle yang tadinya karatan dan tidak terurus kembali tampil menggoda.

Wakil Presiden Eksekutif, Penjualan dan Pemasaran, Volkswagen of America, Derrick Hatami mengatakan alasan mereka membangun kembali VW Red Beetle tersebut karena sang pemilik punya dedikasi yang kuat untuk menjaga mobil VW tersebut selama puluhan tahun . Hubungan itu, membuat ‘Annie’ bukan sekedar mobil tetapi menjadi keluarga sang pemilik.

Dalam proses restorasinya VW melibatkan 60 karyawan dan mulai melakukan permbaruan mulai dari lantai, bodi hingga printilan orisinilnya. Kurang lebih 375 potongan ali dikembalikan pada Red Beetle ini, hingga mencocokan warna aslinya saat dikeluarkan pertama dari pabrik.

Restorasi ini merupakan salah satu apresiasi terbear VW kepada pecinta VW yang masih menggunakan dan menjaga warisan karya mereka sehingga mereka menganggap mobil yang dicat dengan cara khusus ini layak mendapatkannya.

Menurut Manajer Proyek Restorasi VW, Augusto Zamudio hampir sebagian besar bagian mobil dipreteli dan diganti dengan komponen asli melalui pencarian yang cukup memakan waktu. Bahkan mesin pun dibongkar dibersihkan dan diperbarui. Sementara jok dibuat ulang dengan model yang sama sesuai dengan bentuk asli.

Bagi Zamudio mobil ini dibangun sesuai dengan kualitas pajangan museum. Tim VW tak hanya ingin membangun pajangan tetapi ingin membawanya kembali pada keadaaan semula agar Brooks dapat menggunakannya seperti puluhan tahun sebelumnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (wzk/JPC)

Keren! Jalani Restorasi Selama 11 Bulan, VW Karatan Berubah Kinclong