JawaPos Radar | Iklan Jitu

Performa Motor Listrik Jaguar Enggak Kalah Dengan MotoGP Bro

12 November 2018, 09:09:42 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Performa Motor Listrik Jaguar Enggak Kalah Dengan MotoGP Bro
Tampang gahar motor Vektor dari Jaguar Land Rover. (Carscoops)
Share this

JawaPos.com - Jaguar Land Rover dikenal sebagai perusahaan raksasa otomotif asal Inggris yang sangat terkenal dengan mobil-mobil premium berpower besar. Berkembangnya dunia otomotif ke arah kendaraan listrik membuat mereka juga mulai melirik dunia sepeda motor listrik.

Carscoops, Jumat (9/11) menyebutkan keseriusan mereka untuk terjun ke dunia sepeda motor listrik ditandai dengan investasinya ke produsen sepeda motor listrik Arc Motorcycle asal Amerika melalui dana InMotion Investasinya.

Motor listrik yang dibangun oleh perusahaan ini memiliki sebuah sebuah inovasi yang cukup memukau karena mereka akan mengaplikan struktur komposit karbon ringan dan monocoque modul baterai yang akan membuat motor memiliki tubuh yang kuat dan lebih ringan dari bobot motor-motor konvensional lainnya.

Performa Motor Listrik Jaguar Enggak Kalah Dengan MotoGP Bro
Desain motor listrik masa depan Jaguar Land Rover. (Carscoops)

Kabarbnya motor ini akan dinamai Arc Vektor. Sejauh ini, mereka belum mengumumkan spesifikasi baterai sebagai penggerak utama motornya, yang akan menggunakan baterai dari Vektor. Namun penerapan komposit karbon ringan dan monocoque modul baterai akan membuatnya memiliki kekutan layaknya motor yang dipakai dalam balapan MotoGP.

Selain itu, Arc akan menggabungkan serat karbon depan dan swingarm belakang, mengaplikasikan peredam Ohlins untuk mendukung kenyamanan berkendara dan penggunaan rem Brembo pada sisten pengereman motor. Motor ini memiliki bobot 220 kg, yang sama dengan sepeda olahraga ICE yang lebih tradisional.

Power Vector bersumber dari motor listrik canggih dan paket baterai yang memungkinkan kuda besi ini mampu melesat dengan kecepatan 96 km / jam dalam waktu 3,1 detik . Motor ini juga mampu menempuh jarak sekitar 320 km dalam penggunaan di jalan perkotaa. 

Otoritas Jaguar mengungkapkan proyek ini merupakan sebuah pengembangan teknologi kendaraan Jaguar yang ramah lingkungan dan membuktikan kemampuan dan kemapanannya sebagai salah satu industri otomotif yang telah bergerak jauh dalam upaya memproduksi kendaraan berteknologi tinggi.

Secara visual, desain Arc Vektor ini sangat futuristik yang mencirikan motor masa depan. Struktur bangunan bodunya nampak mrnyatu dari bagian fairing dan cover mesin dengan bagian tangki yang dikawinkan dengan aksen model sport yang kuat. Tampilannya menunjukan desain masa depan yang matang.

Bagi mereka Vektor merupakan pengembangan luar biasa dalam perjalanan sepeda motor generasi mendatang. Ia akan menjadi pemicu dan pendorong bagi produsen sepeda motor untuk maju bersama memberikan produk ramah lingkungan dalam sebuah kerangka penciptaan mobilitas premium.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up