JawaPos Radar

Bersama Thailand, Indonesia Ternyata Pasar Besar Mobil Bekas

12/03/2018, 06:15 WIB | Editor: Ilham Safutra
Bersama Thailand, Indonesia Ternyata Pasar Besar Mobil Bekas
Indonesia bersama Thailand selama ini menjadi pasar penjualan mobil bekas terbesar di Asia Tenggara. (Toni Suhartono/Indopos)
Share this image

JawaPos.com - Pertumbuhan otomotif di Indonesia begitu pesat. Nilai transaksinya juga prestisius. Bahkan penjualan untuk kelas mobil tidak hanya laku untuk mobil baru. Mobil bekas tidak kalah tingginya. Buktinya menjadi pasar bekas terbesar di Asia Tenggara bersama Thailand.

Co-Founder dan CEO Carsome, Eric Cheng menyebut transaksi mobil bekas di Indonesia dan Thailand setiap tahunya mencapai 3,6 juta unit setiap tahunnnya. "Saat ini pasar mobil bekas di Asia Tenggara diestimasikan bernilai lebih dari USD 30 miliar setiap tahunnya, namun semua itu masih terpecah-pecah, tidak efisien, dan kurang transparan," ungkap Eric Cheng dalam keterangan persnya yang diterima JawaPos.com, Senin (12/3).

Menurutnya, angka penjualan mobil bekas itu bisa diintegrasikan. Langkahnya dengan menyediakan platform penjualan mobil bekas online yang terintegrasi dan transparan. Model seperti itu untuk memudahkan konsumen menjual mobil mereka ke berbagai dealer secara cepat, adil, dan bebas.

Diketahui, Carsome merupakan platform penjualan mobil bekas berbasis online yang saat ini memimpin pasar Asia Tenggara. Per Senin (12/3) Carsome telah mendapat suntikan dana USD 19 juta untuk pendanaan Seri B. Perusahaan itu didukung oleh investor lokal dan global yang berasal dari Eropa, Tiongkok, AS, Jepang, dan Singapura.

Total penjualan mobil yang difasilitasi oleh platform online Carsome juga mengalami peningkatan 4 kali lipat dengan lebih dari 70 persen transaksi dilakukan antar-kota.

Country Manager Carsome Indonesia Andreas Djingga menambahkan, pihaknya akan melakukan ekspansi untuk menjangkau wilayah yang lebih luas di Indonesia guna memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar mobil bekas.

Tentunya upaya pengembangan itu diimbangi dengan merekrut lebih banyak sumber daya manusia (SDM) untuk bergabung dengan Carsome menghadapi perjalanan yang semakin menarik dan penuh tantangan ke depan.

Sebagai bagian dari langkah ekspansinya, Carsome menargetkan untuk meningkatkan pangsa pasarnya (market share) di Asia Tenggara melalui penguatan pada brand awareness dengan konten pemasaran yang lebih disesuaikan dengan kondisi lokal.

Carsome juga akan memperkenalkan produk lainnya yang berkaitan dengan industri otomotif seperti pendanaan (financing) dan jaminan (warranties) untuk memberdayakan diler mobil dan juga untuk membuat konsumen lebih mudah menjual mobilnya di platform itu.

(iil/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up